Penerapan Model Collaborative Learning untuk meningkatkan pemahaman Konsep siswa pada Materi Kalor”: Penelitian Quasi eksperimen di Kelas VII MTs Ma’arif Tanjungsari-Sumedang

Ambiyah, Riska (2013) Penerapan Model Collaborative Learning untuk meningkatkan pemahaman Konsep siswa pada Materi Kalor”: Penelitian Quasi eksperimen di Kelas VII MTs Ma’arif Tanjungsari-Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (930kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi selama proses pembelajaran yang berlangsung di MTs Ma’arif Tanjungsari-Sumedang yang menunjukkan bahwa proses belajar mengajar masih berpusat pada guru (teacher centered), metode yang digunakan hanya ceramah dan tanya jawab, sebagian siswa tidak menyukai pelajaran fisika karena menurut mereka fisika itu konsepnya sangat sulit dipahami, terlalu banyak rumus sehingga menyebabkan kurang termotivasinya mereka dalam mempelajari pelajaran fisika sehingga pemahaman konsepnya rendah serta hasil belajarnyapun ikut rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika adalah dengan menerapkan model pembelajaran collaborative learning. Model pembelajaran collaborative learning merupakan sebuah model pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan kelompok siswa untuk bekerja sama memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran guru dan siswa dengan menggunakan model pembelajaran collaborative learning, dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menerapkan model pembelajaran collaborative learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-D MTs Ma’arif Tanjungsari Sumedang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling dengan cara diundi diperoleh sampel kelas VII-D. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran collaborative learning dan tes pemahaman konsep berbentuk uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran collaborative learning mengalami peningkatan pada tiap pertemuan dan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran collaborative learning, karena data yang diperoleh berdistribusi tidak normal maka sesuai dengan hasil uji tabel bantu Wilcoxon yang menunjukan Ztabel(1,65) lebih kecil dari nilai Zhitung(4,89). Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,67. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran collaborative learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model collaborative learning; pemahaman konsep
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:42
Last Modified: 22 Jul 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item