Tinjauan sosiologis terhadap pungutan pajak dari masyarakat Pakuhaji sebagai faktor penunjang pembangunan: Studi kasus Desa Pakuhaji Cisalak-Subang

Suarsih, Iis (2012) Tinjauan sosiologis terhadap pungutan pajak dari masyarakat Pakuhaji sebagai faktor penunjang pembangunan: Studi kasus Desa Pakuhaji Cisalak-Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Keberadaan masyarakat sangat berpotensi dalam upaya menunjang pembangunan. Pembangunan akan terjadi apabila ada komando yang dipercaya oleh masyarakat yang mampu berupaya secara bergotong royong yakni aparat yang memiliki kewenangan dalam merealisasikan pembangunan melalui konsep dasar yang dimiliki oleh masyarakat sebagai jiwa pembangun. Sedangkan faktor penunjang tersebut dapat ditempuh melalui kebijakan pajak sebagai aturan negara yang mewajibkan rakyatnya untuk membayar pajak tanpa kontraprestasi secara langsung seperti yang tercantum dalam Undang-Undang 1945 No 23A. Tujuan pajak diberlakukan kepada masyarakat dan dikelola oleh pemerintah adalah “semata-mata� untuk membiayai berbagai kebutuhan negara seperti pembangunan yang menjadi salah satu unsur penting dalam memajukan bangsa Indonesia, juga desa agar tercipta kesejahteraan di masyarakat. Namun, semua itu belum tampak di masyarakat terutama di Desa Pakuhaji yang diteliti, oleh karenanya sangat mungkin untuk diteliti terkait pemaparan yang berharap dapat terealisasi di masyarakat. Diantara pertanyaannya adalah. 1) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat Desa Pakuhaji dalam membayar pajak?; 2) Bagaimana persepsi masyarakat Pakuhaji tentang pajak?; 3) Bagaimana pola interaksi akibat peluang pajak antara masyarakat wajib pajak dengan aparat Desa Pakuhaji?. Adapun tujuannya adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat Desa Pakuhaji dalam membayar pajak; 2) Untuk mengetahui persepsi masyarakat Pakuhaji tentang pajak; 3) Untuk mengetahui pola interaksi akibat peluang pajak antara masyarakat wajib pajak dengan aparat Desa Pakuhaji. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengumpulkan unsur data dan informasi dengan teknik triangulasi yang menggunakan multiple observations untuk mencari kebenaran bahkan menampung variant information yang didapat di lapangan dari berbagai narasumber yang terpercaya. Termasuk menjadi sumber penelitian primer, dan sekunder dari data tertulis yang mendukung dalam penelitian. Sedangkan wawancara dilakukan dengan semi-structured interview kepada masyarakat Desa Pakuhaji sebagai representative-informant yakni aparat Desa Pakuhaji, para tokoh masyarakat, agama, para guru dan aparat kecamatan. Hasil penelitian di lapangan membuktikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat Desa Pakuhaji dalam membayar pajak yakni faktor ekonomi, faktor pendidikan yang bermoral rendah sehingga menjadi hambatan masyarakat dalam membayar pajak. Persepsi masyarakat tentang pajak tidak diketahui sebagai sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan bagi kehidupan mereka atas tanah dan kepemilikan benda lain yang mereka miliki. Pola interaksi akibat peluang pajak antara masyarakat wajib pajak dengan aparat Desa Pakuhaji tidak harmonis. Hal itu dikarenakan sikap aparat yang kurang tegas atas kebijakan pajak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Pungutan Pajak; Masyarakat Desa; Pembangunan;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:16
Last Modified: 04 Mar 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item