Peranan Nahdlatul Ulama dalam pemberdayaan pesantren di bidang sumber daya manusia: Studi kasus di Kabupaten Bandung Barat

Mubarok, Zaki (2012) Peranan Nahdlatul Ulama dalam pemberdayaan pesantren di bidang sumber daya manusia: Studi kasus di Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

NU adalah Jamiyah Diniyah Islamiyah dan merupakan suatu organisasi terbesar dan salah satu sebuah wadah sosial Islam tertua di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan bercirikan Islam Aswaja. Pemberdayaan Pesantren merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menjalani kehidupan kelak. Sehingga mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang sedang maupun akan dihadapi nanti. Oleh karena muncul sebuah permasalahan yang menarik untuk dibahas, yaitu program-program dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan NU terhadap pemberdayaan sumber daya manusia serta faktor pendukung dan penghambatnya. Orientasi NU sebagai Jamiyah Diniyah Islamiyah berangkat dari ide dasar bahwa NU merupakan cetusan segenap aspirasi komunitas Nadliyah yang pada hakekatnya merupakan pencerminan sikap untuk senantiasa menjalin kebersamaan dalam mendukung dan menopang cita-cita besar dari tujuan Nahdlatul Ulama yaitu berlakunya ajaran Islam menurut paham Aswaja dan menganut salah satu mazhab empat, ditengah kehidupan masyarakat serta meningkatkan kualitas kehidupan mereka baik secara intelektual, sosial, kesehatan, ekonomi maupun politik. Secara umum penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa program-program yang dilaksanakan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung Barat mengenai pemberdayaan pesantren di bidang sumber daya manusia (a) program konsolidasi, meliputi ; konsolidasi ideologi, konsolidasi organisasi, konsolidasi kepemimpinan kader dan kerjasama, (b) Program Lembaga, meliputi ; Lembaga Dakwah, Lembaga Pendidikan, Lembaga ekonomi, Lembaga wakaf dan pertahanan, Lembaga kesehatan, Lembaga pertanian, Lembaga rabithah maahid islamiyah, Lembaga bahtsul masail. Lembaga-lembaga tersebut menjalankan perannya sesuai dengan fungsi untuk membantu pesantren khususnya, umumnya masyarakat dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya seperti sarana dan prasarana seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa partisipasi Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung Barat terhadap pemberdayaan sumber daya pesantren Kabupaten Bandung Barat dikatagorikan menjadi empat aspek. Yaitu aspek agama, pendidikan, ekonomi, kesehatan yang semuanya dijalankan dalam bentuk lembaga –lembaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Pesantren; Nahdlatul Ulama; sumber daya manusia;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 02 May 2016 02:24
Last Modified: 09 Apr 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item