Model Pendidikan Karakter di Boarding School: Penelitian di SMAIT As Syifa Boarding School Subang

Juheri, Dedeng (2017) Model Pendidikan Karakter di Boarding School: Penelitian di SMAIT As Syifa Boarding School Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Proses kehidupan manusia tercakup dalam tiga ranah pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Boarding school merupakan salah satu alternatif yang efektif dalam menerapkan pendidikan karakter dalam tiga ranah tersebut. Di boarding school tiga ranah pendidikan terintegrasi dalam satu kesatuan, tempat tinggal, sekolah, dan lingkungan boarding school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi 1) Tujuan pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang, 2) Program pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang, 3) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang, 4) Hasil pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang. Kerangka pemikiran dalam tesis ini adalah pendidikan karakter di boarding school merupakan proses pendidikan untuk membina, menanamkan, membimbing dan membentuk karakter peserta didik yang dilakukan di sekolah dengan konsep asrama. Peserta didik belajar, tinggal, dan melakukan berbagai kegiatan dalam lingkungan boarding school selama dua puluh empat jam dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diagendakan lembaga tersebut. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu metode penelitian yang menekankan kepada usaha untuk memperoleh informasi mengenai status atau gejala pada saat penelitian, memberikan gambaran terhadap fenomena-fenomena, serta menarik makna dari suatu masalah yang dikehendaki. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Tujuan pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang membentuk generasi unggul, yaitu generasi baik dan beradab yang memiliki kepribadian, budi pekerti, dan berkarakter mulia. 2) Program pendidikan karakter di SMAIT Boarding School Subang dilaksanakan dalam tiga ranah pendidikan, yaitu asrama, sekolah dan kepesantrenan melalui program pembiasaan, peneladanan, penegakkan aturan, penerapan kedisiplinan, pemberian apresiasi, penerapan sanksi, dan penekanan kemandirian. 3) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang bukan hanya melibatkan guru dan peserta didik, melainkan semua unsur sekolah mendukung dan menjadi pelaksana dalam pelaksanaan pendidikan karakter dengan menciptakan budaya sekolah yang positif, pembiasaan baik, dan peneladanan melalui karakter guru dan karyawan. 4) Hasil pendidikan karakter di SMAIT As Syifa Boarding School Subang melahirkan karakter baik dan kuat seperti memegang prinsip, amanah,disiplin, jujur, pemaaf, ramah, rendah hati, simpati, sopan santun, dan tanggungjawab dalam jiwa peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Dedeng Juheri
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:43
Last Modified: 30 Apr 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8743

Actions (login required)

View Item View Item