Pola pembinaan keagamaan terhadap anak yatim piatu: Studi deskriptif di panti sosial asuhan anak `YAPITA` Yayasan Al-Muslimun Margahayu Raya Kota Bandung

Sumiati, Ami (2007) Pola pembinaan keagamaan terhadap anak yatim piatu: Studi deskriptif di panti sosial asuhan anak `YAPITA` Yayasan Al-Muslimun Margahayu Raya Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Panti Sosial Asuhan Anak merupakan suatu wadah atau lembaga yang berada dibawah Yayasan Al-Muslimun Bandung. Yang salah satu tujuannya adalah memberikan pelayanan yang berdasarkan pada propesi pekerjaan sosial terhadap anak yatim, piatu, yatim-piatu, dhu`afa/terlantar, dengan cara membantu, menyantuni dan membimbing kearah perkembangan pribadi yang wajar sesuai dengan ajaran islam serta kemampuan keterampilan kerja, sehingga mereka kelak akan menjadi muslim yang berkepribadian serta berkehidupan yang layak dan penuh tanggungjawab baik terhadap dirinya, bangsa dan agama. Dan diharapkan anak-anak tersebut dapat menjadi tenokrat yang islami, ulama dan pengusaha (wiraswasta) yang islami, serta menjadi generasi muda yang akan datang yang bisa diandalkan kedepannya baik itu dari segi rohani maupun dan keahlian agama dan untuk kebaikan moral. Hal ini mengingat bahwa pembinaan merupakan salah satu aktivitas dakwah secara umum bermaksud sebagai usaha untuk memberi bantuan yang bersifat peningkatan, perbaikan, penyembuhan dan pemeliharaan khususnya dalam pembinaan keagamaan anak-anak asuh (anak yatim piatu), agar mereka dapat hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk dari Allah SWT. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pola pembinaan keagamaan anak yatim piatu di PSAA `YAPITA` Yayasan Al-Muslimun.Untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh PSAA di `YAPITA` Yayasan Al-Muslimun, Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Keagaman di Panti Sosial Asuhan Anak `YAPITA` Yayasan Al-Muslimun. Penelitian in beranjak dari dari teori-teori umum yang di ambil dari teori sosiologi, psikologi dan lain sebagainya, yaitu terutama yang berhubungan pola pembinaan keagamaan terhadap anak yatim piatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. Metode ini dipandang cocok untuk meneliti masalah penelitian, Karena memberi gambaran secermat mungkin mengenai suatu keadaan atau gejala tertentu pada masyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Objek penelitian ini adalah (25) anak yatim piatu. Hasil penelitian yang diperoleh secara garis besar pembinan keagamaan yang diadakan di PSAA YAPITA Al-Muslimun sangat berpengaruh terhadap perilaku keberagamaan mereka. Dan setelah mendapatkan pembinaan keagamaan itu menunjukan adanya pengaruh program pembinaan keagamaan terhadap anak yatim piatu. Metode yang digunakan ceramah, praktek langsung dan pendekatan interpersonal. Faktor penunjang adanya saran dan fasilitas yang memadai, penghambat kurang nya dana, kurangnya minat belajar dan kurangnya pengasuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pola pembinaan keagamaan; yatim piatu;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 01:34
Last Modified: 10 Sep 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item