Respon remaja terhadap pengidap penyakit HIV/AIDS: Studi kasus di Kampung Cikungkurak RW 04 Kelurahan Margahayu utara Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung

Dralilah, Dea (2007) Respon remaja terhadap pengidap penyakit HIV/AIDS: Studi kasus di Kampung Cikungkurak RW 04 Kelurahan Margahayu utara Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Dalam fenomena yang ada, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi menyebabkan terjadinya suatu kehidupan yang dinamis. Secara tidak lansung semua orang dituntut untuk mengikuti arus perkembangan tersebut, sehingga masyarakat (remaja) akan menghadapi perubahan dalam segala aspek kehidupan. Dengan perubahan yang terjadi tentunya harus ada penyesuaian diri (interaksi). Ada sebagian masyarakat (remaja) yang kesulitan melakukan penyesuaian diri tersebut sehingga menimbulkan kecemasan dalam diri masyarakat (remaja) yang akhirnya akan mengembangkan pola tingkah laku yang menyimpang demi terpuaskannya keinginan sendiri meskipun merugikan orang lain seperti penggunaan narkotika dan seks bebas yang bisa menyebabkan HIV/AIDS. Secara tidak langsung HIV/AIDS dianggap sebagai penyakit yang diakibatkan oleh perilaku yang menyimpang. Maka hal tersebut sangat menarik untuk dijadikan bahan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan remaja terhadap pengidap HIV/AIDS, kemudian untuk mengetahui sikap remaja terhadap pengidap HIV/AIDS, dan untuk mengetahui tindakan yang dilakukan terhadap pengidap HIV/AIDS. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pengidap HIV/AIDS merupakan orang yang diklaim melakukan perilaku yang menyimpang seperti seks bebas. Dalam ajaran agama manapun tidak ada yang merestui perilaku tersebut. Bertolak dari pemikiran tersebut, pengidap HIV/AIDS tidak bisa berinteraksi dengan baik. Dalam penyusunan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan gambaran secara lengkap dan sistematis tentang fenomena atau gejala-gejala sosial yang ada dimasyarakat. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian tentang pengetahuan remaja terhadap pandangan, sikap dan tindakan remaja terhadap pengidap HIV/AIDS dapat diketahui bahwa seluruhnya remaja di Kampung Cikungkurak mengetahui penyakit dan bahaya HIV/AIDS dan hampir seluruhnya mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan HIV/AIDS. Pandangan remaja terhadap pengidap HIV/AIDS sebagian besar menyatakan meresahkan, untuk sikap remaja terhadap pengidap HIV/AIDS sebagian besar menyatakan tidak senang dengan keberadaan pengidap HIV/AIDS sedangkan untuk tindakan remaja terhadap pengidap HIV/AIDS sebagian besar menyatakan akan mendiskriminasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyakit HIV/AIDS; Respon remaja;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 02:08
Last Modified: 03 Sep 2019 01:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item