Penerapan Pembelajaran Kontekstual Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi dan Usaha (Penelitian Pre Eksperimental di Kelas VIII MTs Yaspia Kab. Bekasi)

Afiah Hardiyanti, Afiah (1210207005) (2014) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi dan Usaha (Penelitian Pre Eksperimental di Kelas VIII MTs Yaspia Kab. Bekasi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil belajar siswa yang dinilai masih rendah. Hal ini salah satunya disebabkan guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran kontekstual strategi REACT menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui: 1). Keterlaksanaan pembelajaran kontekstual strategi REACT pada materi Energi dan Usaha dan 2). Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT pada materi Energi dan Usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII MTs Yaspia Bekasi. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-A. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan hasil belajar siswa melalui tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual strategi REACT mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 82,2% dengan kategori sangat baik dan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 69,5% dengan kategori baik. Kemudian terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diterapkannya strategi ini ditunjukan oleh N-gain sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian pembelajaran kontekstual strategi REACT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual Strategi REACT, Hasil Belajar, Usaha dan Energi.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 17 Mar 2016 01:54
Last Modified: 23 Mar 2016 10:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item