Interaksi sosial antara santri bahasa Arab dengan santri bahasa Inggris di Pondok Darul Falah: Penelitian di Pondok Darul Falah Jalan Anyelir No. 56 Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur

Suryana, Irma (2007) Interaksi sosial antara santri bahasa Arab dengan santri bahasa Inggris di Pondok Darul Falah: Penelitian di Pondok Darul Falah Jalan Anyelir No. 56 Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Bertemunya dua kelompok sosial dengan budaya yang berbeda dalam satu pemukiman dengan jarak yang tidak begitu jauh merupakan gambaran suatu dinamika kelompok sosial, yaitu hubungan atau interaksi sosial antar kedua kelompok sosial yang dinamis. Pondok Darul Falah (PDF) yang dahulu dipimpin oleh KH A. Yazid, seorang guide Clifford Geertz, antropolog asal Amerika, ketika melakukan penelitiannya di Pare. Di PDF terdapat dua kelompok sosial, yaitu kelompok santri bahasa Arab yang berjumlah 30 santri dan kelompok santri bahasa Inggris yang berjumlah 44 santri. Dalam satu komplek pondok ini, kedua kelompok terjalin interaksi sosial antar keduanya, tetapi interaksi sosial tersebut harus tetap berada dalam naungan tata tertib PDF yang salah satunya adalah setiap santri wajib menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab ketika berada di Pondok Darul Falah. Dengan adanya peraturan tadi, proses interaksi sosial antar keduanya terhambat dalam berkomunikasi, karena kebanyakan santri bahasa Arab kurang begitu mengusai bahasa Inggris, begitupun santri bahasa Inggris kurang begitu mengusai bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui di mana dan pada momen apa saja terjadinya interaksi sosial antara santri bahasa Arab dengan santri bahasa Inggris melakukan interaksi sosial, dan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial antara santri bahasa Arab dengan santri bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, koesioner, obersevasi langsung dan kajian pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut adalah, pertama, interaksi sosial tersebut terjadi di asrama, newsboard atau mading, warung nasi, dan ketika kegiatan tertentu yang ada di PDF, yaitu, kerja bakti, perlombaan, pemilihan ketua (chief), dan acara perpisahan santri. Kedua, bentuk interaksi sosial yang terjadi di PDF adalah bentuk akomodasi, Tetapi pada pemilihan ketua pondok dan pada acara perlombaan, kedua kelompok ini melakukan kompetisi untuk mendapatkan posisi teratas, dan pada saat kerja bakti, mereka bekerjasama dalam menjaga kebersihan dan keamanan pondok. Selain itu juga, terjadi konflik yang sifatnya vertikal, yaitu antara kelompok santri bahasa Arab dengan pengurus sebelumnya yang didominasi oleh santri bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pondok Darul Falah; Interaksi Sosial;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:08
Last Modified: 11 Sep 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item