Peranan Ikatan Remaja Masjid Jami Nurul Hidayah (IREMAS) dalam rangka penanggulangan perilaku menyimpang pada remaja: Studi deskriptif di Kp. Pasar Saptu Desa Situ Udik Kec. Cibungbulang Kab. Bogor

Wahyudin, Nurul (2007) Peranan Ikatan Remaja Masjid Jami Nurul Hidayah (IREMAS) dalam rangka penanggulangan perilaku menyimpang pada remaja: Studi deskriptif di Kp. Pasar Saptu Desa Situ Udik Kec. Cibungbulang Kab. Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Masa remaja yang merupakan priode kegoncangan akibat dari proses transisi pada masa usianya, sering menimbulkan keresahan, yang menyebabkan labilitas pikiran, perasaan, kemauan dan ketegangan-ketegangan lainnya. Dari itu munculah suatu bentuk perilaku atau akhlak yang cenderung menyimpang dari norma-norma etika, kesopanan, dan khususnya norma-norma agama.Suatu realitas terhadap fenomena yang memperlihatkan adanya perilaku-perilaku atau akhlak seperti di atas, yaitu di lingkungan Masjid Jami Nurul Hidayah Kp Pasar Saptu Desa Situ Udik Kecamatan Situ Udik Kabupaten Bogor. Oleh karena itu Ikatan Remaja Masjid Jami Nurul Hidayah merasa punya tanggung jawab moral yang besar untuk membina remaja dalam kehidupannya memperlihatkan akhlak al-karimah. Namun semua itu memerlukan suatu model bimbingan agama Islam yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan remaja itu sendiri. Keadaan di atas diperlukan suatu pembinaan agar para remaja berperilaku yang sesuai dengan ajaran Islam dan menghindari dari pengaruh-pengaruh yang menyimpang dari ajaran Islam. Salah satu upayanya yaitu melalui bimbingan agama Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses bimbingan agama Islam di kalangan remaja di IREMAS Jami Nurul Hidayah Kp Pasar Saptu Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan melalui langkah-langkah antara lain : menentukan lokasi penelitian, menentukan populasi dan sampel, mengumpulkan data dengan tekhnik wawancara, observasi, dan angket. Langkah terakhir adalah analisis data. Pelaksanaan kegiatan bimbingan agama Islam terhadap remaja di IREMAS Jami Nurul Hidayah telah berjalan kurang lebih 3 tahun. Metode yang digunakan dalam kegiatan bimbingan agama Islam tersebut adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan peragaan. Dan materi yang disampaikan adalah akhlaq, fiqih, tauhid, Al-Qur�an, dan pengetahuan umum. Kegiatan bimbingan agama Islam ini diadakan oleh Ikatan Remaja Masjid Jami Nurul Hidayah (IREMAS).Respon Remaja Terhadap Bimbingan Agama Islam di Kp. Pasar Saptu. Secara kasar dapat dilihat banyak hal yang positif yang belum pernah ada sebelumnya. Seperti, kesadaran remaja untuk mengikikuti bimbingan agama Islam di IREMAS Jami Nurul Hidayah, semaraknya peringatan hari-hari besar Islam yang diadakan oleh remaja di Kp. Pasar Saptu.Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, bahwa dari kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh IREMAS Jami Nurul Hidayah mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan arahnya cenderung mendukung pelaksanaan program yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perilaku menyimpang; Ikatan Remaja Mesjid; remaja;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 03:58
Last Modified: 12 Sep 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item