Pengaruh budaya air keramat terhadap perekonomian masyarakat: Studi kasus di Kampung Kopeng Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur

Maryam, Yeti (2007) Pengaruh budaya air keramat terhadap perekonomian masyarakat: Studi kasus di Kampung Kopeng Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Dalam kehidupan manusia sehari-hari dari lahir hingga mati tidak terlepas dari apa yang disebut dengan kebudayaan. Kebudayaan merupakan sistem, ide, gagasan, perilaku dan hasil dari perilaku manusia yang baik. Kebudayaan sebagai hasil dari potensi manusia akan terus menerus mewarnai kehidupan kita dalam setiap yang kita lakukan baik dalam cara berpikir, bertindak maupun berperilaku yang kesemuanya itu disandarkan kepada kebudayaan yang kita pegang selama ini. Walupun kebudayaan adalah hasil dari manusia, akan tetapi kebudayaan pun mempunyai pengaruh yang besar terhadap manusia, sehingga kita dapat mendeskriptifkan bahwa hubungan antara kebudayaan dengan manusia merupakan dua elemen yang tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan. Masyarakat Kampung Kopeng merupakan masyarakat yang masih memiliki kebudayaan yang kuat. Mereka percaya terhadap air keramat yang memiliki kekuatan gaib dan air tersebut menurut mereka bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bukan masyarakat Kampung Kopeng saja yang percaya terhadap hal tersebut, tetapi masyarakat luar pun percaya terhadap hal tersebut. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Kampung Kopeng untuk mengambil air keramat, masyarakat Kampung Kopeng berkesempatan untuk bisa menambah mata pencaharian mereka dengan cara berdagang disekitar air keramat. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui latar belakang munculnya air keramat di Kampung Kopeng, untuk mengetahui tanggapan masyarakat Kampung Kopeng terhadap air keramat, dan untuk mengetahui keadaan masyarakat Kampung Kopeng setelah adanya air keramat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa air keramat banyak dikunjungi oleh para pengunjung yang datang dari luar Kampung Kopeng untuk mengambil air tersebut untuk dijadikan sebagai obat, setelah adanya air keramat perekonomian masyarakat Kampung Kopeng bertambah, dan air keramat tersebut terdapat pengaruh yang positif hal ini terbukti bahwa mereka lebih bersemangat dalam menjalankan perekonomiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: budaya air keramat; ekonomi masyarakat;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 08:55
Last Modified: 04 Sep 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item