Peran kampung seni dalam melestarikan kebudayaan Sunda: penelitian di Kampung Ciborelang RT /RW 01/09 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Ariani, Aan (2010) Peran kampung seni dalam melestarikan kebudayaan Sunda: penelitian di Kampung Ciborelang RT /RW 01/09 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
3_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Seni dan budaya Sunda merupakan bagian penting atau ciri khas dari suatu bangsa. Dimana, seni dan budaya Sunda adalah salah satu ciri khas yang dimiliki bangsa indonesia. Akan tetapi pada jaman sekarang ini, Indonesia sedang mengalami krisis identitas budaya yang disebabkan oleh pergeseran budaya yang dipengaruhi oleh budaya luar. Oleh karena itu untuk menanggulagi krisis budaya bangsa yang semakin merajalela. Maka didirikanlah kampung seni yang berada disekitar kaki Gunung Manglayang, dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan Sunda, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam seni dan budaya Sunda khususnya. Yaitu, diawali dengan cara pengenalan berbagai seni dan budaya Sunda yang hampir punah yang tidak dikenal lagi oleh generasi-generasi muda jaman sekarang. Agar seni dan budaya Sunda tetap hidup, tumbuh dan berkembang secara seimbang. Sehingga warisan kekayaan budaya dapat diakui dan diresapi secara mendalam di hati anak-anak bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, peran dan cara Kampung Seni menjaga dan melestarikan kebudayaan Sunda. Penelitian ini mendasarkan pada metode deskriptif analitik melalui jenis penelitian sejarah yang menggambarkan peran Kampung Seni itu sendiri. Langkah-langkah penelitiannya adalah, pemilihan lokasi penelitian, metode penelitian, jenis data, tekhnik pengumpulan data dan analisis data. Penelitian ini didasarkan oleh teori pewarisan budaya yang harus dipertahankan dan fungsi penting agar suatu sistem bisa bertahan dalam lingkungan masyarakat. Tokoh Sosiologi yang memperkaya analisis penelitian ini adalah Talcot Parson dengan teori fungsionalisme AGIL dan Max Weber dalam teori tindakan sosial. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa peran kampung seni dalam melestarikan kebudayaan Sunda sangat berpengaruh baik bagi masyarakat khususnya lingkungan Gunung Manglayang. Agar bisa terjaga dan terpelihara dengan baik, agar tidak hilang tergeser olah jaman saat ini yang tidak tau apa itu kebudayaan dan kesenian kita sendiri. Melestarikannya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan pagelaran dan pertunjukan-pertunjukan. Ada juga pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh kampung seni itu sendiri. Disamping itu juga kampung seni mengadakan pelestarian alat-alat musik khususnya seni Sunda dengan cara mengenalkan dan mempelajarinya dan juga sebagai pengrajin alat-alat seni Sunda khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Seni; Sunda
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2016 00:41
Last Modified: 05 Sep 2018 08:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item