Pola interaksi pengguna situs jejaring sosial Facebook mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Marlina, Ema (2010) Pola interaksi pengguna situs jejaring sosial Facebook mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_Bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi, menyebabkan berkembang pula komponen komunikasi di antara masyarakat. Perkembangan ini menimbulkan permasalahan baru dalam pola interaksi antar individu dalam masyarakat, pada awalnya masyarakat hanya melakukan interaksi secara langsung akan tetapi seiring dengan munculnya beberapa media komunikasi seperti internet yang didalamnya terdapat situs-situs pertemanan seperti facebook dan yang lainnya menyebabkan berubahnya pola interaksi dalam masyarakat menjadi tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui juga menguraikan pola interaksi sosial yang terjadi diantara mahasiswa pengguna situs jejaring sosial facebook jurusan Sosiologi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung baik dalam pergaulan, pola pikir, ataupun dampaknya bagi para pengguna media tersebut. Jenis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif untuk menerangkan kualitas-kualitas objek dan dibantu dengan data kuantitatif untuk membantu melihat gambaran objek secara numeric, melalui pendekatan sosiologi yang bermaksud untuk mengetahui sikap, tindakan, serta perilaku manusia dalam berinteraksi. Pengumpulan dan penggunaan data secara teoritis dilaksanakan berdasarkan studi kepustakaan atau dokumen, sedangkan untuk data empirik dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara guna memperoleh data yang akurat. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa interaksi yang dilakukan oleh mahasiswa pengguna situs jejaring sosial facebook khususnya mahasiswa Sosiologi UIN SGD Bandung terjadi karena beberpa faktor seperti perkembangan dunia komunikasi dan informasi juga teknologi dikalangan mahasiswa yang sangat cepat ditambah dengan sistem pergaulan mahasiswa yang sangat luas walau di sedikit dibatasi membuat situs jejaring sosial facebook sebagai salah satu media untuk melakukan interaksi antar individu atau antar kelompok bahkan antar individu dengan kelompok dalam pergaulan dilingkungan mahasiswa semakin diminati. Keberadaan facebook sebagai media untuk melakukan suatu interaksi sengan pihak yang lainnya membuat pergeseran pola interaksi semaki jelas terlihat, jika dahulu masyarakat melakukan interaksi secara langsung dengan tidak melalui perantara atau media pembantu, akan tetapi untuk masa sekarang bergeser menjadi tidak langsung hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya factor pendukung untuk melukukan hal tersebut seperti salah satunya adalah dengan adanya situs jejaring sosial seperti facebook dan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jejaring sosial; facebook; pola Interaksi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2016 00:47
Last Modified: 13 Sep 2018 04:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item