Pengaruh modernisasi terhadap perubahan sosial masyarakat desa: studi kasus di Desa Sipayung Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Chaerunisa, Destian (2011) Pengaruh modernisasi terhadap perubahan sosial masyarakat desa: studi kasus di Desa Sipayung Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Perubahan yang diakibatkan modernisasi akan dapat dirasakan manfaatnya apabila dalam perubahan tersebut dikedepankan perubahan dalam bidang mental psikologi masyarakat dan karakter sosio budaya agar dalam proses modernisasi tidak kebablasan. Yang nantinya akan menyebabkan perubahan atau proses modernisasi yang salah tujuan. Maka dalam proses modernisasi ini hanya ada dua kemungkinan yang menjadi tujuannya. Pertama, manusia menemukan falsafah hidup baru. Kedua, manusia tenggelam dalam proses perubahan dan tidak mampu menghadapi persoalan yang semakin komplek. Akibat yang kedua inilah yang menjadikan manusia frustasi dan pesimis. Dan sebaliknya apabila manusia mampu menghadapi permasalahan yang timbul akibat dari proses modernisasi dan menemukan falsafah hidup baru maka mencerminkan manusia mampu menghadapi masalah ini dengan ilmunya. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitiannya dapat disusun sebagai berikut Untuk mengetahui pengaruh modernisasi terhadap perubahan sosial di masyarakat Desa Sipayung. Untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di masyarakat Desa Sipayung akibat modernisasi. Modernisasi adalah proses kebudayaan yang tumbuh dalam perkembangan manusia sebagai akibat dari kemajuan ilmu dan tekhnologi umat manusia. Modernisasi adalah proses perubahan masyarakat trdisional menuju masyarakat yang lebih modern dengan mengacu pada nilai-nilai modernitas yang bersifat universal. Perubahan satu sub system akan berpengaruh pada nilai-nilai yang lain yang dianut oleh warga masyarakat. Perubahan itu pada gilirannya berpengaruh terhadap pola hubungan antar warga masyarakat muncul pranata sosial baru, stratifikasi sosial, pola konsumsi, mobilitas sosial, hubungan kerja dan nilai-nilai. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi Spearman antara dua variabel yaitu Modernisasi dan Perubahan sosial di Masyarakat Desa Sipayung dengan menggunakan piranti lunak SPSS 17.0, maka diperoleh rs sebesar 0.713. maka hipotesis diterima.Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha (Hipotesis Alternatif) yaitu “Terdapat hubungan pengaruh positif antara Modernisasi (x) dengan perubahan sosial (y)� untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan diantara variabel yang diteliti, digunakan skala Guilford. Hasil rs = 0.713 berada pada skala >0,71 berada pada skala hubungan sangat tinggi, kuat sekali dan dapat diandalkan. Artinya hubungan yang sangat tinggi antar Modernisasi dan perubahan sosial di Masyarakat Desa Sipayung. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Modernisasi pada Masyarakat Desa Sipayung terhadap perubahan sosial pada Masyarakat Desa Sipayung . Terdapat hubungan/korelasi antara penerapan Modernisasi terhadap perubahan sosial Masyarakat Desa Sipayung , yang artinya hipotesa dalam penelitian ini alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: masyarakat desa; Perubahan Sosial; Modernisasi;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:12
Last Modified: 23 Nov 2018 02:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item