Analisis dampak sosial ekonomi pembangunan kawasan agrowisata seni budaya Ujungberung di Desa Pasanggrahan: studi di Desa Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Ginanjar, Lingga (2011) Analisis dampak sosial ekonomi pembangunan kawasan agrowisata seni budaya Ujungberung di Desa Pasanggrahan: studi di Desa Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
3_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan pemerintah untuk memperoleh devisa dari penghasilan non migas. Sumbangan pariwisata bagi pembangunan nasional, selain menyumbangkan devisa bagi negara, pariwisata juga mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan nasional, yaitu : memperluas lapangan usaha, memperluas lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemerintah, mendorong pelestarian dan pembangunan budaya bangsa, memperluas wawasan nusantara, mendorong perkembangan daerah, mendorong pelestarian lingkungan hidup, memperluas wawasan nusantara dan menumbuhkan rasa cinta tanah air Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dampak ekonomi dari Pembangunan Agrowista Seni Budaya di Ujungberung; (2) dampak sosial dari Pembangunan Agrowista Seni Budaya di Ujungberung; (3) upaya yang akan dilakukan oleh aparat setempat berikut tokoh-tokoh masyarakatnya, dalam menanggulangi dampak negatif yang disebabkan oleh pengembangan Agrowisata Seni Budaya di Desa Pasanggarahan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Pariwisata adalah fenomena kemasyarakatan, yang menyangkut manusia, masyarakat, kelompok organisasi, kebudayaan, dan sebagainya, yang merupakan objek kajian sosiologi Kegiatan pariwisata salah satunya Agrowisata Seni Budaya membuka sejumlah arena sosial yang memungkinkan orang untuk berinteraksi, tukar menukar pemikiran, pengalaman, kebudayaan, sehingga dapat dikatakan bahwa munculnya kawasan wisata dalam hal ini agrowisata seni budaya akan berpengaruh pada kelangsungan hdup masyarakat. Dimana akan terjadi perubahn sosial baik perubahan yang berdampak positif maupun perubahan yang berdampak negatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual, akurat mengenai fenomena yag terjadi dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan interpretasi logika dan statistik sederhana. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Agrowisata seni Budaya berpengaruh positif bagi kehidupan sosial masyarakat namun demikian pengaruh negatifnya pun tidak dapat dikesampingkan, diantaranya adalah bisa menyebabkan jumlah penduduk yang meningkat, menyempitnya lahan pemukiman, adanya persaingan tidak sehat, menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Untuk menanggulangi berbagai dampak negatif, pemerintah desa bekerjasama dengan tokoh masyarakat, semua warga serta elemen-elemen terkait senantiasa melaksanakan kampanye sadar wisata, melakukan kontrol sosial, dan pengarahan-pengarahan bagi penduduk untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: seni; agrowisata; ekonomi; dampak sosial;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:04
Last Modified: 04 Dec 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item