Respon masyarakat terhadap pengajian hari Jumat: Studi Deskriptif di Mushollah Madinatun-Nur Desa Sukahaji Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu

Sadiah, Roudlotus (2012) Respon masyarakat terhadap pengajian hari Jumat: Studi Deskriptif di Mushollah Madinatun-Nur Desa Sukahaji Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Respon merupakan faktor-faktor perubahan tingkah laku social, baik dalam kehidupan keagamaan maupun segi-segi kehidupan lain. Dalam perubahan tersebut para da’i mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menanamkan pengertian ,pengamalan serta pengingat pentingnya sebuah komunikasi dan silaturrahmi antara umat islam tanpa membedakan individu satu dengan lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka penulis mengadakan penelitian tentang respon masyarakat tentang pengajian hari jumat di Mushollah Madinatun-Nur Sukahaji RT 03 RW 05. Patrol-Indramayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon masyarakat terhadap pengajian di musholah Madinatun-Nur. Faktor penyebab partisipasi terhadap pengajian tersebut. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa pengajian merupakan proses komunikasi antara mubaligh dan mukhotobnya (sasaran) karena di dalamnya terdapat penyampaian pesan dengan tujuan untuk mempengaruhi mukhotob. Dalam penyampaian tersebut tentunya tidak lepas dari timbale balik/respon dari mukhotob kepada da’i sehingga dengan adanya respon dari penerima pesan maka akan di ketahui baik dan tidaknya kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang di gunakan untuk menggambarkan, mengungkapkan, menggugah, menganalisis, menjawab permasalahan peneliti. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan, waancara, angket, observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perhatian masyarakat terhadap pelaksanaan pengajian di mushollah madinatun-nur sangat positif, ini terbukti dari aktifnya masyarakat yang mengikuti pengajian tersebut. Pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan pengajian hari jumat di Mushollah cukup, yaitu dengan mereka mempraktekan atau mengamalkan kehidupan sehari-hari, apa yang mereka terima dari ustadz/penceramah. Penerimaan masyararakat terhadap pelaksanaan pengajian hari jumat di Mushollah Madinatun-Nur cukup besar. Ini terbukti dengan sering bertambahnya para jamah baru yang di bawa oleh teman atau saudara mereka yang ikut serta dalam pengajian hari jumat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengajian; hari jumat;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:49
Last Modified: 18 Mar 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item