Gambaran kecerdasan spiritual siswa melalui metode bimbingan konseling Islam: Studi deskriftip di MI Ar-Rohmah Jln Pangalengan km 25, Cikalong Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung

Khaerunnisa, Tini (2011) Gambaran kecerdasan spiritual siswa melalui metode bimbingan konseling Islam: Studi deskriftip di MI Ar-Rohmah Jln Pangalengan km 25, Cikalong Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah uapaya untuk membantu perkembangan aspek-aspek tersebut menjadi optimal, harmonis dan wajar. Kecerdasan spiritual adalah aspek yang sangat penting untuk ditingkatkan. Untuk itu bimbingan konseling islam merupakan cara untuk mengembangkan manusia untuk lebih baik lagi. Masa sekolah dasar membutuhkan sebuah bimbingan untuk meningkatkan segala aspek perkembangan anak terutama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual karena sekolah dasar merupakan tahap pendidikan yang paling lama selama 6 tahun. Kecerdasan spiritual yang baik sangat di harapkan oleh semua anak dan orang tuanya, oleh karena itu bimbingan konseling sangat berperan dalam membantu kecerdasan spiritual anak. Siswa dijadikan sebagai gembala spiritual yang baik. Metode bimbingan konseling Islam yang digunakan di MI Ar-Rohmah, diantaranya: a. Guru BK membantu siswa untuk menemukan misi hidupnya b. Guru BK membacakan puisi-puisi atau lagu-lagu yang religious c. Guru BK menceritakan kisah-kisah yang agung, seperti kisah nabi Muhammad Saw d. Sebelum mulai belajar siswa dibiasakan untuk membaca kitab suci Al-Quran e. Siswa harus dibawa ke tempat-tempat sosial Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan kecerdasan spiritual siswa melalui metode bimbingan konseling islam di MI Ar-Rohmah Jln Pangalengan km 25, Cikalong kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Secara umum, penelitian ini mendasarkan pada metode deskriptif, melihat gambaran kecerdasan spiritual siswa melalui metode bimbingan konseling Islam. Dengan cara menggambarkan saja dan menjelaskan metodenya. Objek dalam penelitian ini adalah siswa MI Ar-Rohmah kelas V sebanyak 20, sumber data yang di gunakan yaitu sumber data primer berupa siswa kelas V sebanyak 20 orang, 1 guru Bimbingan Konseling, 1 wali kelas V. Sumber data sekunder berupa buku-buku yang berhubungan dengan Bimbingan Konseling dan Kecerdasan Spiritual. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini berupa wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan analisis data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual siswa MI Ar-Rohmah sangat baik dapat dilihat dari, siswa suka belajar dengan rajin tanpa disuruh oleh guru atau orang tuanya, siswa suka menolong sesamanya, siswa sudah bisa menentukan misi hidupnya sendiri meskipun misi tersebut sering berubah-ubah. Bahkan siswa juga sudah bisa merasakan kehadiran Tuhan dengan ditunjukan oleh berdzikir kepada Alloh, shalat lima waktu, berdo’a dan melakukan ibadah-ibadah yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Bimbingan Konseling Islam;
Subjects: Applied Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 03:24
Last Modified: 04 Feb 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item