Konsep diri remaja anak tenaga kerja wanita: Studi deskriptif pada siswa MA YPK Cijulang di Kampung Kalensari Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis

Hidayat, Taufik (2012) Konsep diri remaja anak tenaga kerja wanita: Studi deskriptif pada siswa MA YPK Cijulang di Kampung Kalensari Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Remaja adalah masa pencarin indentitas dan selalu berpikiran idealis, sehingga bila ada yang tidak sesuai dengan apa yang ia persepsikan maka itu adalah salah. Memperhatikan bahwa remaja membutuhkan kasih sayang dari ibu mereka, bagi remaja yang orang tuanya bekerja sebagai TKW tidak mendapatkan hal itu, sehingga ini menjadi permasalahan bagi remaja dan akan berpengaruh pada konsep diri. Disamping itu setatus dan peranannya di lingkungan sosial akan terganggu karena masalah ibu mereka yang pergi keluar negeri, padahal setatus dan peran mempengaruhi dalam pembentukan konsep diri. Remaja yang orang tuanya bekerja sebagai TKW selalu membuat masalah di sekolah sehingga menjadi permasalahan bagi guru-guru. Penelitian ini hendak meneliti tentang gambaran konsep diri remaja anak Tenaga Kerja Wanita (TKW). Hal itulah yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan konsep diri remaja anak tenaga kerja wanita (TKW), serta untuk mengetahui gambaran konsep diri remaja anak tenaga kerja wanita (TKW) pada siswa MA YPK Cijulang Kabupaten Ciamis. Kerangka pemikiran ini didasarkan atas pentingnya konsep diri dalam menentukan tingkahlaku seseorang. Konsep diri adalah semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis, yang didasarkan pada pengalaman dengan orang lain. Konsep diri ini dipengaruhi oleh orang lain dan kelompok rujukan yang dianggap penting. Selain itu mengenai setatus dan perananya di lingkungan sosial. Secara umum, penelitian mendasarkan pada metode deskriptif, yang tekanannya lebih menitik beratkan pada pemberian gambaran mengenai konsep diri berupa gambaran diri, citra diri, penilaian diri, penerimaan diri dan gambaran diri dan kemudian semua itu disimpulkan ke dalam jenis konsep diri negatif atau positif dengan langkah-langkah penelitian adalah menentukan metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data serta teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Maksud dengan konsep diri remaja anak tenaga kerja wanita adalah persepsi akan aspek diri remaja atau penilaian akan diri remaja, penilaian ini baik dari aspek psikologis, sosil dan fisik. Remaja tersebut berusia dari 12-21 tahun yang ibunya bekerja di luar negeri. Dari 15 sample penelitian terdapat 10 orang siswa yang memiliki konsep diri yang positif hal ini ditandai dengan perasaan merasa sejajar dengan teman-temannya, keinginan berprestasi yang tinggi, mudah memafkan diri sendiri, penilaian diri yang tinggi, penerimaan diri yang baik dan penghargaan yang tinggi. Kemudian terdapat 5 siswa yang memiliki konsep diri yang negatif, hal ini ditandai dengan tidak mengiginkan prestasi, merasa tidak sejajar dengan orang lain dan penghargaan diri yang rendah, mencitrakan sebagai anak yang nakal, penilaian diri yang rendah dimana hal ini dikarenakan orang tua mereka bercerai dan ayah menikah kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TKW; anak; remaja; Konsep diri;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 03:46
Last Modified: 22 Mar 2019 08:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item