Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan Ular Tangga untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi listrik statis

Gunawan, Aziz (2015) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan Ular Tangga untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi listrik statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Al-Hasan Bandung, terdapat fakta bahwa pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika tergolong masih rendah dengan nilai rata-rata 32. Permasalahannya adalah kurang aktifnya siswa serta guru yang menjelaskan dengan cara metode itu-itu saja seperti ceramah dan menurut sebagian siswa mata pelajaran fisika terkadang sukar serta tidak disenangi. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media ular tangga pada materi listrik statis dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media ular tangga pada materi listrik statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Al-Hasan Kota Bandung kelas IX-A dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data mengenai keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data pemahaman konsep diperoleh melalui tes dalam bentuk uraian sejumlah enam pertanyaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi pokok listrik statis berkategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 91,66%; 2) peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata gain sebesar 0,70 berkategori tinggi. Besarnya pemahaman konsep siswa pada materi pokok listrik statis setelah diterapkannya model pembelajaran teams games tournament mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini ditunjukkan pada hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung (29,13) > ttabel (1,74). Dengan demikian, model pembelajaran Teams Games Tournament dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Pemahaman Konsep; Listrik Statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Electricity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:49
Last Modified: 10 Apr 2019 03:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item