Penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Matematika siswa: Penelitian Tindakan kelas terhadap siswa kelas VII-E SMPN 3 Cileunyi

Rohayati, Rohayati (2013) Penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Matematika siswa: Penelitian Tindakan kelas terhadap siswa kelas VII-E SMPN 3 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika siswa diduga kurang optimal. Salah satu penyebabnya diduga karena guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran matematika secara konvensional dan kurangnya motivasi siswa yang membuat siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih berpusat kepada siswa dan sesuai dengan kondisi siswa, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Tujuan dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada materi persegi panjang dan persegi; (2) bagaimana kemampuan pemahaman matematika siswa pada setiap siklus pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here materi persegi panjang dan persegi; (3) bagaimana kemampuan pemahaman matematika siswa setelah mengikuti seluruh siklus pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada materi persegi panjang dan persegi; (4) bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada materi persegi panjang dan persegi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 3 Cileunyi sebanyak 40 siswa, tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, instrumen tes berupa soal uraian pada tiap siklus dan pada akhir seluruh siklus (post-test), dan instrumen nontes berupa skala sikap. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 75,52, siklus II sebesar 78,55, dansiklus III sebesar 78,55. Dan hasil dari test akhir (post-test) siswa sebesar 79,47. Selain itu juga, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran model Everyone Is A Teacher Here meningkat dengan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 87%, dansiklus III sebesar 100%. Sedangkan hasil analisis skala sikap dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap materi persegi panjang dan persegi, terhadap model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, dan terhadap soal-soal kemampuan pemahaman matematika yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Everyone Is A Teacher Here; pemahaman matematika; siswa
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 02:39
Last Modified: 18 Jul 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item