Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Example Non Examples (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 8 Bandung Kelas VIII C semester Genap)

Nanang Suherman, Nanang (208203818) (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Van Hiele Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Example Non Examples (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 8 Bandung Kelas VIII C semester Genap). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Pokok bahasan geometri yang berhubungan dengan visualisasi gambar seringkali mengakibatkan siswa tidak senang dalam menghadapi pelajaran matematika. Jika dihubungkan dengan kemampuan berfikir matematik maka kemampuan yang paling cocok untuk dikembangkan berdasarkan masalah tersebut adalah kemampuan berpikir geometri Van Hiele. Tahapan berpikir geometri Van Hiele terdiri dari tahap pengenalan, analisis, pengurutan dan deduksi. Untuk mengaplikasikannya peneliti menggunakan model pembelajaran Example non Examples yang sejalan dengan berpikir geometri Van Hiele karena menggunakan media gambar. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa di kelas, kemampuan berpikir geometri Van Hiele siswa, dan sikap siswa.. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Bandung kelas VIII-C semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes formatif dan post tes. Untuk memperoleh data mengenai sikap siswa digunakan angket skala sikap. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa aktifitas guru dan siswa mengalami peningkatan untuk setiap siklus, kemampuan berpikir geometri Van Hiele siswa untuk setiap siklus pada sebagian besar siswa tergolong penguasaan tinggi dan lengkap, kemampuan berpikir geometri Van Hiele siswa diseluruh siklus pada sebagian besar siswa tergolong penguasaan tinggi dan lengkap. Dan hampir seluruh siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika, pembelajaran Example non Examples, dan soal-soal geometri Van Hiele. Terlihat dari rata-rata skor sikap siswa untuk setiap indikator selalu lebih besar dari pada skor netral siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Geometri, Van Hiele, Siswa, Model Pembelajaran Example Non Examples
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:02
Last Modified: 30 Mar 2016 04:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item