Penerapan Model Pembelajaran Broken Square dalam Upaya meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung).

Noby Satrio Dwi Purnomo Hadi, Noby (208203826) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Broken Square dalam Upaya meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika seringkali mengakibatkan siswa tidak senang dan takut dalam menghadapi pelajaran matematika, sehingga sebagian siswa menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit, tidak menarik dan tidak menyenangkan. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran matematika agar dapat menciptakan situasi yang membuat siswa aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Strategi yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Broken Square. Model pembelajaran Broken Square merupakan suatu pembelajaran dimana siswa dituntut aktif sehingga kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas VII SMPN 1 Rancaekek. Berdasarkan hasil analisis data, diperolah bahwa dalam setiap proses pembelajaran guru selalu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan, sedangkan aktifitas siswa pada umumnya terkategori baik. Kemampuan pemahaman matematika siswa pada tiap siklus melalui model pembelajaran Broken Square tergolong kriteria baik. Hal ini terlihat dari rata-rata presentase kemampuan pemahaman matematika siswa pada siklus I sebesar 81,74% dengan kriteria tinggi, siklus II sebesar 79,14% dengan kriteria cukup, siklus III sebesar 79,16% dengan kriteria cukup. Pada tes akhir diperoleh rata-rata presentase kemampuan pemahaman matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Broken Square sebesar 73,25% menunjukan kriteria pada cukup. Adapun sikap dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Broken Square menunjukkan sikap positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Broken Square, Matematika, Siswa, Bangun Datar, Segi Empat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:20
Last Modified: 30 Mar 2016 04:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item