Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 30 Kota Bandung)

Rini Srimulyani, Rini (1210205074) (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 30 Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran kooperatif tipe Time Token menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (c) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Rata-rata aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token mengalami peningkatan. (b) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pamahaman matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (c) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (d) Secara keseluruhan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token menunjukkan respon positif terhadap semua aspek yang diamati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Time Token, pemahaman matematik, komunikasi matematik, pembelajaran matematika.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:32
Last Modified: 30 Mar 2016 04:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item