Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)

Lia Meldiawani, Lia (1122090166) (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2&3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III - IV)
6_bab3&4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IVB SDN Sariwangi pada pelajaran Matematika masih rendah, hal ini dilihat dari rata-rata siswa yaitu 55,20 yang masih dibawah KKM sekolah yaitu 60. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam mempelajari Bilangan Bulat, maka perlu adanya upaya untuk membantu siswa agar dapat mempelajari materi Bilangan Bulat yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pokok Bilangan Bulat dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas IVB SDN Sariwangi Parongpong Bandung Barat. Hasil belajar adalah ukuran mengenai tingkat daya serap siswa terhadap bahan pengajaran yang diajarkan hingga mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok. Berdasarkan pendapat di atas dapat dipahami bahwa pengertian hasil belajar mengandung makna hasil yang telah dicapai oleh seseorang setelah mengalami proses belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, tes dan studi kepustakaan. Metode tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar setelah siswa mendapatakan pengajaran pada siklus I, II dan III. Metode observasi digunakan unutk mengetahui kondisi sekolah dan kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran pada setiap siklus. Observasi dan tes dilakukan kepada 30 orang siswa kelas IVB SD Negeri Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Meningkatnya hasil belajar siswa dapat terlihat dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran Matematika, siswa bersemangat mengikuti pembelajaran, mencatat materi pembelajaran, bertanya kepada guru dan tidak melakukan hal-hal lain diluar pembelajaran matematika. Hasil observasi siklus I mencapai nilai rata-rata 67,80 dengan persentase 53%, siklus II nilai rata-rata 75,2 dengan persentase 73 % dan siklus III nilai rata-rata 92,6 dengan persentase 90%. Jadi dengan pembelajaran model Kooperatif Tipe STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Matematika materi pokok Bilangan Bulat, sehingga siswa terbiasa untuk memecahkan sendiri masalah yang dihadapi tidak tergantung pada guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), bilangan bulat, matematika, siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra > Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:17
Last Modified: 30 Mar 2016 04:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item