Pengaruh Yoga terhadap tingkat stres pada wanita bekerja di Sanggar Yoga Leaf Bandung: studi terhadap wanita bekerja yang mengikuti yoga dan tidak mengikuti yoga

Endah R., Nenden (2010) Pengaruh Yoga terhadap tingkat stres pada wanita bekerja di Sanggar Yoga Leaf Bandung: studi terhadap wanita bekerja yang mengikuti yoga dan tidak mengikuti yoga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
5_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB IV)
6_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB V)
7_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)

Abstract

Secara normatif wanita dan pria memiliki status dan kedudukan yang sama. Akan tetapi, saat ini peran wanita dalam pekerjaan mengalami perkembangan yang cukup pesat baik dalam sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan dan keamanan. Namun, ada kalanya wanita yang bekerja dituntut untuk menghadapi peran sebagai seorang istri, ibu, ataupun karyawan yang dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah menjadi tanggungjawab di kantor dan keluarga. Dalam menjalankan peran tersebut adakalanya dihinggapi berbagai masalah yang menyangkut fisiknya, apabila tidak diatasi akan berakibat menimbulkan gangguan kesehatan jiwa, salah satunya stres. Stres merupakan hal yang berkaitan erat dengan kesehatan manusia. Stres yang dirasakan dalam kadar atau tingkat sedang dapat mendorong manusia untuk menyelesaikan masalah dan membantu manusia menumbuhkan kekuatan dalam dirinya, namun dalam tingkat yang tinggi justru menjadi hambatan bagi manusia karena mengganggu fungsi-fungsi dalam diri manusia misalnya dalam pengambilan keputusan, fungsi pengolahan informasi dan fisiologis tubuh (Lazarus & Folkman,1984). Banyak usaha untuk menanggulangi stres. Salah satunya yang diduga dapat mengurangi stres adalah dengan melakukan yoga. Yoga sebagai seni olah jiwa dan raga memiliki manfaat terapi seperti penguatan stamina tubuh, otot, daya tahan, dan flesibilitas, manajemen stres, merangsang sistem kekebalan tubuh, memperkuat daya konsentrasi, menciptakan kontrol diri untuk lebih tenang dan menambah rasa percaya diri. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui Pengaruh Yoga Terhadap Tingkat Stres pada Wanita Bekerja di Sanggar Yoga Leaf Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Ekperimental, dengan menggunakan rancangan Non Equevalent Control Group Design. Teknik analisis untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan statistik “ Test U Mann-Whitney� dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji beda melalui perhitungan statistik diperoleh nilai Z Mann- Whitney sebesar -5,249 dengan nilai P (0,00000) < 0,05, maka hipotesis nol ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres antara wanita bekerja yang mengikuti yoga kelompok (EG) dengan tingkat stres wanita bekerja yang tidak mengikuti yoga kelompok (CG). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari metode yoga terhadap tingkat stres pada wanita bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: wanita bekerja; stress; yoga; psikologi; sanggar yoga;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:43
Last Modified: 12 Nov 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item