Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying siswa di lingkungan sekolah: studi korelasional pada siswa kelas XII dan XI MA Al-Musdariyah Cileunyi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Novianti, Cisela Eka (2011) Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying siswa di lingkungan sekolah: studi korelasional pada siswa kelas XII dan XI MA Al-Musdariyah Cileunyi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yang banyak menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam penyesuaian terhadap dirinya maupun terhadap lingkungannya. Mengingat masa remaja merupakan masa yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan teman-teman sebaya, untuk menghindari hal-hal negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain, remaja hendaknya memahami dan memiliki apa yang disebut kecerdasan emosi. Menurut Darajat (1995), apabila remaja mampu menyadari dan mengendalikan emosi, maka mereka akan mempunyai sikap yang stabil. Kegagalan dalam memahami dan mengomunikasikan emosi dengan cara yang tepat akan membuat individu rentan terhadap konflik dengan orang lian yang seharusnya tak perlu terjadi (Shapiro, 1999).orang dengan kecerdasan emosi yang baik akan mengendalikan perilaku dan emosi dalam kesehariaannya, sehingga ia tidak akan melakukan perilaku negatif seperti bullying. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data empirik mengenai hubungan aantara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying di lingkungan sekolah MA Al-Musdariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populatif karena seluruh anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Populasi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII (angkatan 2009) dan XI (angkatan 2010).Alat ukur yang digunakan adalah berupa skala yang dibuat sendiri oleh peneliti yang dikembangkan berdasarkan teori di atas. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa koefisien korelasi kedua variabel sebesar -0.418. Dari hasil perhitungan, dengan derajat kepercayaan sebesar 95% (α = 0,05), diketahui bahwa thitung -ttabel. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying siswa di MA Al-Musdariyah dengan tingkat korelasi yang sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: siswa; sekolah; Kecerdasan emosi;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:14
Last Modified: 21 Nov 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item