Perbedaan tingkah laku altruisme antara remaja kota dengan pedesaan: studi komparasi pada siswa SMAN I Sumedang dengan SMAN Tanjungkerta

Faridah, Diantini Nur (2011) Perbedaan tingkah laku altruisme antara remaja kota dengan pedesaan: studi komparasi pada siswa SMAN I Sumedang dengan SMAN Tanjungkerta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Masa remaja merupakan periode transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Hal ini ditandai dengan perubahan-perubahan fisik dan psikis. Salah satu tugas terpenting dalam perkembangan remaja adalah mempelajari apa yang benar dan apa yang salah. Minat untuk berkelompok menjadi bagian dari tumbuh kembang remaja. Demi teman, remaja bisa melakukan dan mengorbankan apa pun. Apa yang mereka lakukan untuk kelompoknya tersebut, salah satunya atas dasar kesetiakawanan dan adanya perasaan empati. Empati inilah yang akan mendorong orang untuk melakukan pertolongan altruistis. Altruisme merupakan tindakan sukarela untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan suatu imbalan dalam bentuk apapun. Altruisme salah satunya dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Faktor lingkungan bisa dikaitkan dengan kehidupan sosial orang yang dipengaruhi oleh bentuk komunitas dimana ia hidup. Sudah lazim orang mengelompokan komunitas dalam bentuk komunitas desa dan komunitas kota. Kondisi fisik dan sosial desa berbeda dengan kondisi fisik dan sosial kota. Biasanya terdapat perbedaan kepribadian dan perilaku antara orang desa dengan orang kota. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sumedang (kota) dengan SMAN Tanjung Kerta (desa). Dalam penelitian ini dilakukan studi komparasi mengenai perbedaan tingkah laku altruisme antara remaja kota dengan pedesaan. Diambil 70 subjek (30%) sebagai sampel dengan asumsi bahwa jumlah tersebut dianggap sudah mewakili populasi dari tiap sekolah. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda penelitian kuantitatif. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis komparatif. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala altruisme. Alat ukur tersebut dirancang dengan menggunakan skala Thurstone. Skala yang disusun dengan memilih butir yang berbentuk skala interval. Hasil analisis data deskriptif memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan tingkah laku altruisme yang kurang signifikan antara remaja kota dengan pedesaan. Sedangkan secara statistik inferensial, tidak terdapat perbedaan tingkah laku altruisme yang signifikan antara remaja kota dengan pedesaan. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah diperoleh diketahui bahwa harga Fhitung: 1,692 lebih kecil dari harga Ftabel: 6,84. Tolak Ho jika: F hitung > F tabel hasil yang diperoleh ini memiliki arti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: prilaku remaja; Altruisme;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:30
Last Modified: 26 Nov 2018 01:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item