Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hibrid Tipe Traditional Classes - Real Workshop - Virtual Workshop (TC-RW-VW) pada Pokok Bahasan Segiempat” (Penelitian Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung).

Yuli Islami, Yuli (1210205100) (2014) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hibrid Tipe Traditional Classes - Real Workshop - Virtual Workshop (TC-RW-VW) pada Pokok Bahasan Segiempat” (Penelitian Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (918kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri I Cileunyi Bandung didapatkan bahwa matematika merupakan pelajaran yang kurang dikuasai siswa, karena mereka beranggapan bahwa matematika itu sulit. Demikian pula kemampuan pemecahan masalah matematika (KPMM) siswa masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas. Model konvensional cenderung masih digunakan, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu model yang dapat meningkatkan KPMM siswa serta mendorong siswa termotivasi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Alternatif model pembelajaran yang diprediksikan mampu meningkatkan KPMM adalah model hibrid tipe traditional classes - real workshop - virtual workshop (TC-RW-VW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) aktifitas siswa dan guru dengan model hibrid tipe TC-RW-VW menunjukkan peningkatan yang baik. Hal ini terlihat pada komentar observer yang semakin berkurang; b) perbedaan peningkatan KPMM siswa yang mendapatkan model hibrid tipe TC-RW-VW dan model konvensional, didapatkan bahwa model hibrid tipe TC-RW-VW lebih baik daripada model konvensional; c) berdasarkan uji ANOVA dua jalur didapatkan perbedaan peningkatan KPMM siswa ditinjau dari kategori pengetahuan awal matematika (tinggi, sedang dan rendah). Siswa kategori tinggi pada kelas eksperimen lebih baik dari siswa kategori tinggi pada kelas kontrol, siswa kategori sedang pada kelas eksperimen lebih baik dari siswa kategori sedang pada kelas kontrol, dan siswa kategori rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari siswa kategori rendah pada kelas kontrol; d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, model pembelajaran Hibrid Tipe hibrid tipe, dan soal KPMM secara umum bersikap positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Hibrid Tipe Traditional Classes - Real Workshop - Virtual Workshop, ANOVA dua jalur
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:12
Last Modified: 30 Mar 2016 04:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item