Hubungan antara kecerdasan emosi dengan ketidakpuasan pada tubuh (body dissatisfaction) pada siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang

Febriani, Fenny (2011) Hubungan antara kecerdasan emosi dengan ketidakpuasan pada tubuh (body dissatisfaction) pada siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Adanya kesenjangan antara bentuk tubuh ideal dengan bentuk tubuh aktual menyebabkan banyak perempuan pada saat ini yang mengalami ketidakpuasan pada tubuh. Ketidakpuasan pada tubuh ini juga terjadi pada siswi-siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang. Ketidakpuasan pada tubuh berhubungan dengan emosi. Ketidakpuasan pada tubuh disertai ketidaksadaran emosional akan mengakibatkan gangguan makan pada remaja putri. Siswi yang mengalami ketidakpuasan pada tubuh ternyata mengalami masalah kecerdasan emosi. Dengan kecerdasan emosi yang tinggi remaja dapat menyelesaikan masalah ketidakpuasan pada tubuh sehingga terhindar dari penyelesain masalah yang dapat membahayakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data empirik tentang gambaran tingkat kecerdasan emosiona dan tingkat body dissatisfaction, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedua variabel tersebut. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan ketidakpuasan pada tubuh (body dissatisfaction) pada remaja putri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuesioner. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis Korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportion random sampling technique. Subjek penelitian berjumlah 90 orang, yaitu siswi kelas 1, 2 dan 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang. Alat ukur yang digunakan dalam kedua variabel penelitian ini berupa kuesioner yang dibuat peneliti dengan menggunakan Likert’s rating scale (metoda skala penilaian likert) yang mencantumkan kategori pilihan. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data ordinal. Adapun pengolahan data dengan menggunakan metoda ststistik non-parametrik, yaitu uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil uji korelasi Rank Spearman, koefisien korelasi dari kedua variabel adalah sebesar -0,187, artinya korelasinya rendah. Untuk nilai alpa = 0,05 dan nilai -value = 0,078, dengan kriteria uji tolak Ho jika pv < α, Karena harga pv lebih besar dari pada harga α (0,078 > 0,05), maka H0 diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan ketidakpuasan pada tubuh (body dissatisfaction).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ketidakpuasan; Kecerdasan emosi; tubuh;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:42
Last Modified: 27 Nov 2018 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item