Pengaruh self efficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa angkatan 2007-2008 Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sopiyanti, Fina (2011) Pengaruh self efficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa angkatan 2007-2008 Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini secara khusus menyelidiki faktor personal yang bersifat psikologis dari mahasiswa, yang diduga berpengaruh terhadap penyesuaian akademik yang dimilikinya. Faktor psikologis yang akan diteliti adalah self efficacy yaitu keyakinan seseorang mengenai kemampuan yang dimilikinya dalam mengatur dan menampilkan suatu tindakan untuk menghasilkan suatu tampilan yang diharapkan (Bandura; 1997). Populasi yang akan dijadikan sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2007-2008 yang terdaftar dan masih aktif mengikuti perkuliahan. Pada penelitian ini diambil sampel dengan menggunakan tekhnik “stratified proportional random sampling� yaitu teknik pengambilan data dengan cara acak terhadap semua anggota populasi namun dengan proporsi yang seimbang untuk tiap kelasnya. Dalam teknik ini semua anggota memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Rancangan penelitian ini menerapkan rancangan korelasional, analisis regresi linier. Yaitu cara lain untuk menggambarkan dan mengevaluasi hubungan antara beberapa variabel dengan asumsi bahwa satu variabel berperan sebagai criterion variable, dan variabel lainnya berperan sebagai predictor variabel. Dengan regresi linier dimungkinkan untuk meramalkan suatu variabel berdasarkan nilai dari prediktor. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi variabel independen dengan variabel dependen sebesar 0.809 dengan nilai R2 sebesar 0.646. Hal tersebut menunjukkan bahwa 64,6 persen variasi penyesuaian akademik mahasiswa ditentukan oleh variasi self efficacy. Sedangkan sisanya 35.4 persen (100 persen dikurangi 64.6 persen) ditentukan oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: psikologi; mahasiswa; Self Efficacy;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:49
Last Modified: 27 Nov 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item