Implementasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII A SMP Bustanul’Ulum Sukamiskin Bandung)

Riza Sobarudin, Riza (1209205075) (2014) Implementasi Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII A SMP Bustanul’Ulum Sukamiskin Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Bustanul’Ulum karena kemampuan matematika siswa kelas VIII masih rendah dan cenderung kurang aktif apabila dilaksanakan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Metode penelitiannya yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian di SMP Bustanul’Ulum kelas VIII A dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh : (a) Aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran secara keseluruhan termasuk kategori baik, hal ini ditunjukkan ketika pembentukan kelompok-kelompok lingkaran dalam (kecil) dan lingkaran luar (besar), siswa antusias mengikuti pengarahan guru dengan baik dan siswa senantiasa mengerti (memahami) tentang materi yang didiskusikan setiap siklusnya secara berdiskusi dengan tiap pasangan yang berbeda-beda (b) Kemampuan pemahaman matematika siswa pada tiap siklus melalui model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) tergolong kriteria baik. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan pemahaman matematika siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. (c) Kemampuan pemahaman matematika siswa pada seluruh siklus melalui model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) tergolong kriteria baik. Pada nilai siklus III dan nilai post test terjadi peningkatan dengan nilai siklus III sebesar 82,40 dan pada post tes sebesar 84,31. Dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,92, dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 6,32, dan telah terjadi peningkatan dari siklus III ke nilai post test dengan peningkatan dari siklus III ke post test 1,91 (selisih antara nilai siklus III dengan hasil post tes) dan rata-rata seluruh siklus adalah 77,89. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Cirlce (IOC) mempunyai sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Pemahaman, Matematika, Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 07:45
Last Modified: 30 Mar 2016 04:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item