Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Sutisnawinati, Rasty (2024) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IVBAB)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 mendorong siswa untuk menguasai berbagai keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis yang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-E7 dan X-E8 dengan jumlah siswa 36 orang di pilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai 94% pada kinerja guru dan 94% pada aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,58 kriteria “sedang” dan 0,36 kriteria “rendah”. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (H0 ditolak dan H1 diterima) yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dengan dan tanpa model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model PBL berbantu media audio visual diperoleh nilai sebesar 83% (sangat baik) dan 77,7% (baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Media Audio Visual; Model Problem Based Learning (PBL); Perubahan Lingkungan.
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasty Rasty Sutisnawinati
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:40
Last Modified: 07 Oct 2024 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100015

Actions (login required)

View Item View Item