Sutisnawinati, Rasty (2024) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IVBAB)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad 21 mendorong siswa untuk menguasai berbagai keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis yang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-E7 dan X-E8 dengan jumlah siswa 36 orang di pilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai 94% pada kinerja guru dan 94% pada aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,58 kriteria “sedang” dan 0,36 kriteria “rendah”. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (H0 ditolak dan H1 diterima) yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan dengan dan tanpa model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model PBL berbantu media audio visual diperoleh nilai sebesar 83% (sangat baik) dan 77,7% (baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantu media audio visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Media Audio Visual; Model Problem Based Learning (PBL); Perubahan Lingkungan. |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rasty Rasty Sutisnawinati |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100015 |
Actions (login required)
View Item |