Sopiah, Eva (2024) Pengaruh komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja guru : Penelitian di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf Download (746kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan dan memperkuat kepribadian. Maka, Pendidikan haruslah memiliki kualitas yang baik. Guru adalah faktor yang sangat penting dan sangat besar dalam menentukan kualitas pendidikan. Dalam meningkatkan sebuah kualitas pendidikan maka perlu untuk memberikan perhatian besar kepada peningkatan kinerja guru. Kinerja guru tentu saja tidak lepas dari tanggung jawab kepala madrasa. Dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya kepala madrasah diharuskan dapat bekomunikasi secara interpersonal agar lebih terjalin suasana nyaman yang dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal kepala madrasah di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor Sumedang, (2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor Sumedang, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja guru di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah seluruh guru di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor yang berjumlah 87 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah (X) di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor memperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 4,09. Nilai tersebut termasuk kedalam kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (2) Kinerja Guru (Y) di Yayasan Darul Hufadz Jatinangor memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,09. Nilai tersebut termasuk kualifikasi “Tinggi” karena berada pada rentang interval 3,6 – 4,5. (3) Hasil dari pengujian statistik (Uji T), bahwa nilai Thitung > dari Ttabel yaitu 6,415 > 1.662 dengan signifikansi sebesar 0,001. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja guru. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya pengaruh sebesar 21,6%. Sisanya 78,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Kepala Madrasah dan Kinerja Guru |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eva Eva Sopiah |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:44 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100201 |
Actions (login required)
View Item |