Rukmini, Nunung (2003) Manajemen kredit dalam upaya mengatasi kredit bermasalah pada pembiayaan mudharabah di PT BPRS Tolong Menolong Bermanfaat (TOAT) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kredit atau pembiayaan merupakan salah satu usaha yang mengandung resiko terjadinya kredit bermasalah Sebagai 1 lembaga keuangan syariah, PT. BPRS TOAT pun telah memberikan kredit kepada nasabahnya Dari total kredit yang diberikan pada tahun 2001 sebesar Rp. 383.759.000,00 terdapat kredit bermasalah sebesar Rp.76.502.000,00, sedangkan pada tahun 2002 sampai dengan bulan Maret dari total kredit yang diberikan sebesar Rp.467.909.000,00 terdapat kredit bermasalah sebesar Rp.80.410.000,00. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan mudharabah di PT.BPRS TOAT, mengetahui upaya yang dilakukan PT.BPRS TOAT dalam mengatasi kredit bermasalah dan untuk mengetahui tinjauan Fiqih Muamalah terhadap Manajemen Kredit dalam Upaya Mengatasi Kredit Bermasalah Pada Pembiayaan Mudharabah di PT.BPRS TOAT Bandung. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran bahwa kegiatan pembiayaan mudharabah sangat menguntungkan dalam meningkatkan kualitas sosial ekonomi masyarakat Dengan demikian dalam pemberian kredit kepada nasabahnya, PT. BPRS TOAT tidak akan mengambil resiko kerugian yang timbul akibat pemberian kredit tersebut Oleh karena itu, tentu saJa PT. BPRS TOAT akan melakukan langkah-langkah dalam mengatasi terjadinya kredit bermasalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif untuk memaparkan dan menggambarkan kredit bermasalah di PT. BPRS TOAT, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi yang merupakan data primer dan buku-buku yang menunjang dalam skripsi ini menjadi data sekundernya Analisis yang digunakan adalah dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan mengolah data untuk kemudian menarik suatu kesimpulan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembiayaan mudharabah berasal dari simpanan giro , tabungan mudharabah dan deposito mudharabah Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kredit bermasalah adalah dengan langkah pencegahan dan penyelesaian kredit tersebut Penelitian yang dilakukan pada PT. BPRS TOAT tentang kredit bermasalah adalah sesuai dengan tinjauan fiqih muamalah bahwa kredit bermasalah yang mengakibatkan kerugian dapat dicarikan penyelesaian dengan memperhatikan itikad nasabah dan kondisi usahanya Apabla kerugian tersebut disebabkan oleh kecurangan atau kelalalan debitur, maka kerugian ditanggung oleh debitur Tetap seandanya kerugian itu tidak disebabkan oleh kecurangan atau kelalaian debitur, maka bank sebagai Shahibul maal bertanggung jawab atas kerugian tersebut Itupun tidak terlepas dari hasil pemeriksaan yang teliti dan akurat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Mudharabah; Ekonomi |
Subjects: | Private Law > Banking and Insurance Law General Management > Management of Investment, Capitalization |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 09:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 09:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100251 |
Actions (login required)
View Item |