Al-Ma'shum, Rizschy Nurfauzie (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu aplikasi Educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ Cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ Bab 1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_ Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_ Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_ Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Skripsi Rizschy Nurfauzie Al-Ma'shum_1182060097_Pendidikan Biologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurang termotivasinya siswa dalam masalah belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TGT berbantu educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen design. Sampel berjumlah 28 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh melalui pretest dan posttest. Pembelajaran materi ekologi melalui model TGT berbantu educandy membuat siswa berpartisipasi aktif sehingga tahapan pembelajaran terlaksana sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa menggunakan model TGT berbantu educandy memperoleh nilai sebesar 82 dengan nilai n-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai sebesar 70 dan nilai n-gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Analisis uji-t dari hasil tersebut diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005 berarti hipotesis diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantu aplikasi educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament; Educandy; Hasil Belajar; Ekologi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rizschy Nurfauzie Al-Mashum |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100478 |
Actions (login required)
View Item |