Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu aplikasi Educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi

Al-Ma'shum, Rizschy Nurfauzie (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu aplikasi Educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ Bab 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Skripsi Rizschy Nurfauzie Al-Ma'shum_1182060097_Pendidikan Biologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurang termotivasinya siswa dalam masalah belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TGT berbantu educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen design. Sampel berjumlah 28 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh melalui pretest dan posttest. Pembelajaran materi ekologi melalui model TGT berbantu educandy membuat siswa berpartisipasi aktif sehingga tahapan pembelajaran terlaksana sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa menggunakan model TGT berbantu educandy memperoleh nilai sebesar 82 dengan nilai n-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai sebesar 70 dan nilai n-gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Analisis uji-t dari hasil tersebut diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005 berarti hipotesis diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbantu aplikasi educandy terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament; Educandy; Hasil Belajar; Ekologi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizschy Nurfauzie Al-Mashum
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:17
Last Modified: 30 Jan 2025 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100478

Actions (login required)

View Item View Item