Tresnoati, Widia Sari (2012) Manajemen Public Relations Officer (PRO) PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. dalam implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) "Bagimu Guru Kupersembahkan". Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Dalam menghadapi tantangan tantangan pembangunan yang kian menghebat dewasa ini, semua pihak menyadari pentingnya Public Relations sebagai pengatur strategi dalam memanage setiap kegiatan dan aktivitas sebuah organisasi atau perusahaan PR adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan aturan seseorang atau organisasi demi kepentingan publik dan melaksanakan sesuatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaaan publik Sehingga, peran PRO eksternal sangat dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan eksternal perusahaan yaitu dengan mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility-CSR) Sebagai wujud kepedulian, Telkom menjalankan program CSR, yaitu melalui peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berbasis ICT (Informations and Communication Technology) Program tersebut adalah program Pelatihan "Bagimu Guru Kupersembahkan" Pelatihan BGK ini merupakan salah satu program unggulan Telkom yang sudah dilaksanakan selama 5 tahun, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas Guru dalam mengajar Namun, dalam menjalankan program CSR tersebut, tidak lepas dari manajemen PR yang menjadi pegangan bagi seorang PRO dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Tujuar dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan PRO Telkom dalam memange operasional PR dalam mengimplementasikan program CSR Telkom "Bagimu Guru Kupersembahkan. Penelitian ini mengacu pada teori Robson yang dikutip oleh Rosadi Ruslan dan teori tanggungjawab sosial yang dijelaskan oleh Hutchins Commision Dalam manajemen strategi PR terdiri atas beberapa proses, yaitu Pertama, pembuatan strategi yaitu meliputi pengembangan misi dan tujuan jangka panjang, pengidentifikasian peluang dan ancaman dari luar serta kekuatan dan kelemahan perusahaan Kedua, penggunaan strategi dalam menjalankan sebuah misi rencana Ketiga, implementasi strategi, meliputi penentuan sasaran operasional, keputusan yang harus diambil dari tindakan yang harus dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif Adapun langkah - langkah penelitian ini yaitu dengan melakukan tahap pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, studi dokumentasi dan kepustakaan Sumber data diperoleh hasil wawancara dan observasi partisipatif pada pelatihan "Bagimu Guru Kupersembahkan" pada tahap ke V angkatan VIII di Hotel Augusta Cipanas, Kota Garut pada tanggal 19-20 Oktober 2011 dan angkatan IX pada tanggal 16-17 November 2011 di Aula kantor Telkom daerah Purwakarta Setelah itu, melakukan analisis data yang telah didapat dan diketahui selama observasi dilakukan Objek penelitian ini adalah staf PRO Telkom, dan staf Republika, serta sebagian para pemateri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program CSR pelatihan "Bagimu Guru Kupersembahkan" yang diadakan oleh Telkom berjalan dengan sukses dan lancar karena mampu mengimplementasikan proses operasional manajemen PR yang dikembangkan oleh Cutlip, Centre and Broom yaitu Tahap Fact-Finding, Planning and programming, Taking Action and Communicating, dan Evaluation Proses operasional PR tersebut yang menjadi pegangan bagi seorang PRO dalam melaksanakan sebuah program yang akan dijalankan oleh sebuah perusahaan Melalui program BGK ini, Telkom sukses dengan beberapa penghargaan yang diterima Telkom dan bisa menjadi bukti nyata Telkom dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Public Relations; Implementasi Program |
Subjects: | Political Process > Programs and Ideologies of Parties General Management > Management for Enterprises |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100498 |
Actions (login required)
View Item |