Azzahra, Nurul Amelia (2023) Hubungan aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan perkembangan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun: Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al Munawwir Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan dimana dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan, terdapat beberapa anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dan ini terlihat masih ada anak yang menyebutkan bunyi lambang bilangan tidak sesuai dengan bilangan yang ditunjuk oleh guru. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan perkembangan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas bermain menjelajah kotak angka di RA Al Munawwir Jatinangor. 2) Perkembangan mengenal konsep bilangan di RA Al Munawwir Jatinangor. 3) Hubungan aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan perkembangan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di RA Al Munawwir Jatinangor. Bermain menjelajah kotak angka adalah jenis bermain eksplorasi, dalam bermain menjelajah kotak angka ini anak melakukan aktivitas bermain menyelidik yang menggunakan kotak angka sebagai media untuk mengenal konsep bilangan. Bermain menjelajah kotak angka dapat dilakukan individu maupun berkelompok. Di dalam bermain ini anak akan bergerak aktif selama kegiatan bermain berlangsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B RA Al Munawwir Jatinangor Kabupaten Sumedang yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan metode analisis data korelasi Spearman Rank. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,075, maka dapat dilihat dari tabel tingkat korelasi dan kekuatan hubungan nilai korelasi ini berada pada interval 0,000 – 0,199 atau tingkat hubungannya Sangat Rendah. Karena antara hubungan aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan capaian perkembangan mengenal konsep bilangan termasuk kategori sangat rendah, maka dalam nilai capaian perkembangan anak untuk hubungan aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan capaian perkembangan mengenal konsep bilangan termasuk kategori Belum Berkembang (BB). Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan uji hipotesis sebagaimana yang terlampir diperoleh thitung = 0,3190 dan ttabel = 2,101 dengan db = 18 dan taraf sinifikansinya 5 %, maka dapat disimpulkan bahwa thitung = 0,3190 < ttabel = 2,101, jadi Ha di tolak dan Ho di terima. Dengan kata lain tidak ada hubungan aktivitas bermain menjelajah kotak angka dengan capaian perkembangan mengenal konsep bilangan kelompok B RA Al Munawwir.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas bermain menjelajah kotak angka; konsep bilangan anak usia 5-6 tahun |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | nurul amelia azzahra |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100893 |
Actions (login required)
View Item |