Abdillah, Siti Nurahmi (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI: Penelitian kasus pada siswa kelas IX-E SMPN 2 Rancaekek Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (905kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran student teams achivement divisions (STAD) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas IX-E SMPN 2 Rancaekek. Pokok permasalahannya adalah (1)tingkat minat belajar siswa pada pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD (2)penerapan model pembelajaran STAD (3)peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas IX E. Masalah ini dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Desain eksperimen dalam penelitian ini yai pra-eksperimen dengan bentuk penelitian konvensional dan eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi (daftar ceklist),tes (kelas konvensional dan kelas eksperimen),kuesioner (lembaran angket). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu field research, teknik ini adalah pengumpulan data dengan terjun langsung kelapangan penelitian.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pertama,tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kelas konvensional, observasi serta hasil angket minat belajar siswa yang masih mendapatkan nilai rendah. Kedua,langkah-langkah penerapan model pembelajaran STAD diantaranya: pembagian kelompok,presentasi oleh guru,tim/kerja kelompok,kuis (evaluasi) dan pemberian reaward (penghargaan). Ketiga,tingkat minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI dikelas IX E SMPN 2 Rancaekek mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Teams AchivemenT Divisions (STAD) |
Subjects: | Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Nurahmi Abdillah |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100902 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |