Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI: Penelitian kasus pada siswa kelas IX-E SMPN 2 Rancaekek Kab. Bandung

Abdillah, Siti Nurahmi (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI: Penelitian kasus pada siswa kelas IX-E SMPN 2 Rancaekek Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran student teams achivement divisions (STAD) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas IX-E SMPN 2 Rancaekek. Pokok permasalahannya adalah (1)tingkat minat belajar siswa pada pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD (2)penerapan model pembelajaran STAD (3)peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas IX E. Masalah ini dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Desain eksperimen dalam penelitian ini yai pra-eksperimen dengan bentuk penelitian konvensional dan eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi (daftar ceklist),tes (kelas konvensional dan kelas eksperimen),kuesioner (lembaran angket). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu field research, teknik ini adalah pengumpulan data dengan terjun langsung kelapangan penelitian.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pertama,tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum diterapkan model pembelajaran STAD sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kelas konvensional, observasi serta hasil angket minat belajar siswa yang masih mendapatkan nilai rendah. Kedua,langkah-langkah penerapan model pembelajaran STAD diantaranya: pembagian kelompok,presentasi oleh guru,tim/kerja kelompok,kuis (evaluasi) dan pemberian reaward (penghargaan). Ketiga,tingkat minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI dikelas IX E SMPN 2 Rancaekek mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Student Teams AchivemenT Divisions (STAD)
Subjects: Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurahmi Abdillah
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:11
Last Modified: 30 Oct 2024 03:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100902

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item