Model rehabilitasi sosial penyandang disabilitas di UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental Sensorik Netra Rungu Wicara Tubuh Cibabat Cimahi

Az-zahra, Nada Nabilah (2018) Model rehabilitasi sosial penyandang disabilitas di UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental Sensorik Netra Rungu Wicara Tubuh Cibabat Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan terjadi di masyarakat yang dialami oleh penyandang disabilitas. Diakibatkan karena adanya keterbatasan pada fungsi organ tubuh yang tidak sempurna, ketidaksempurnaan dapat menghambat penyandang disabilitas dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dan rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan kurangnya wawasan berfikir, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penyandang disabilitas, sehingga realitas sosialisasi dan adaptasi dilingkungan nampak kurang percaya diri. Sehingga penyandang disabilitas memerlukan perhatian khusus dalam mengembangkan kemandiriannya untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan yang berada di Provinsi Jawa Barat di UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental, Sensorik Netra, Rungu Wicara, Tubuh Cibabat Cimahi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi pelayanan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas di UPTD Panti sosial rehabilitasi penyandang disabilitas cibabat cimahi, untuk mengetahui pelaksanaan program rehabilitasi sosial penyandang disabilitas dan untuk mengetahui perubahan perilaku penyandang disabilitas setelah menerima program pelayanan di UPTD Panti sosial penyandang disabilitas cibabat cimahi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni pada teori rehabilitasi sosial dan perubahan perilaku. Teori tersebut dijadikan sebagai kerangka berfikir dalam melihat berbagai fenomena yang muncul dilapangan, terutama yang berkaitan dengan klien penyandang disabilitas di UPTD Panti sosial rehabilitasi penyandang disabilitas cibabat cimahi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dihasilkan dari pemaparan informan yang dilakukan dengan wawancara bukan berupa angka-angka. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan seluruh data, mereduksi data sampai pada penarikan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Berdasarkan penelitian ini, bahwa klien penyandang disabilitas sebelum masuk dan belum melaksanakan program pelayanan di UPTD Panti sosial rehabilitasi penyandang disabilitas Cibabat Cimahi kebanyakan klien belum bisa menjalankan kegiatan secara mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan belum memiliki kemampuan atau keahlian. Setelah masuk dan melaksanakan program klien penyandang disabilitas mengikuti program pelayanan yaitu bimbingan fisik, bimbingan mental, bimbingan sosial dan program keterampilan yang meliputi, menjahit, montir, handycraft, housekeeping, elektro, pertukangan dan tata rias. Setelah mengikuti program pelayanan tersebut klien disabilitas akan dibuktikan apakah klien penyandang disabilitas dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Sehabilitasi Sosial; Penyandang Disabilitas
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nada Nabilah Az-zahra
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:56
Last Modified: 03 May 2019 12:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item