Penerapan media lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI At-Taqwa : Penelitian quasi eksperimen kelas III MI At-Taqwa Kabupaten Bandung

Pebrianti, Dewi (2022) Penerapan media lagu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI At-Taqwa : Penelitian quasi eksperimen kelas III MI At-Taqwa Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_watermark (3).pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK watermark.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI watermark (1).pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I watermark.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan oleh peneliti mengenai media pembelajaran yang diduga monoton sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang rendah pada mata pelajaran bahasa Arab. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mengukur seberapa besar motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab sebelum dan sesudah menerapkan media lagu dikelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen desain quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain non equivalent control group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data didapat pada pengisian kuisioner yang diisi langsung oleh responden untuk mengetahui motivasi belajar responden. Motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media lagu pada saat pembelajaran bahasa Arab adalah 0,306 di kelas eksperimen dan 0,138 di kelas kontrol. Setelah menerapkan media lagu ada kenaikan motivasi belajar di kelas eksperimen 0,306 menjadi 0,444 dan pada kelas kontrol mengalami penurunan motivasi belajar karena tidak menerapkan media lagu yang pada awalnya motivasi belajar siswa 0,138 menjadi 0,008 Berdasarkan data dari tabel anova nilai F hitung sebesar 0,995 dan nilai F tabel pada taraf kepercayaan signifikan 0,05 adalah 2,85. Dengan demikian F hitung = 0,995 < F tabel = 2,85 dengan tingkat signifikasi 0,324 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu dapat meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media lagu; motivasi belajar siswa; bahasa Arab di MI
Subjects: Arabic
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Vocal Music > Songs
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Pebrianti
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:54
Last Modified: 20 Nov 2024 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100930

Actions (login required)

View Item View Item