Pengaruh pendapatan jumlah bagi hasil mudharabah dan musyarakah terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah

Netriza, Rizky Annisa (2018) Pengaruh pendapatan jumlah bagi hasil mudharabah dan musyarakah terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab 1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Bagi hasil adalah suatu perkongsian antara dua pihak atau lebih dalam suatu kegiatan usaha/proyek dimana masing-masing pihak berhak atas segala keuntungan dan bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi. Pendapatan bank sangat dipengaruhi oleh seberapa besar keuntungan yang diterima oleh bank dari kegiatan pembiayaan yang disalurkan. Dari selisih antara pendapatan operasional dan biaya operasional ini diperoleh laba operasional. Jika laba operasional yang dihasilkan besar, maka bank telah melakukan kegiatannya dengan efektif dan efisien dalam mengembangkan usahanya sebab laba merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan kesehatan bank. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan jumlah bagi hasil mudharabah terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan jumlah bagi hasil musyarakah terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan jumlah bagi hasil mudharabah dan musyarakah terhadap jumlah laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari laporan keuangan triwulanan Bank Mega Syariah tahun 2014-2016. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji t (parsial) dan analisis uji f (simultan) dengan menggunakan alat bantu pengolahan data SPSS versi 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari analisis koefisien korelasi menunjukkan nilai 0,946 yang artinya korelasi antar ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang sangat kuat. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa laba operasional dipengaruhi oleh pendapatan bagi hasil mudharabah dan musyarakah sebesar 89,5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F didapat nilai Fhitung > Ftabel (29,772 > 4,74) dan dapat disimpulkan bahwa pendapatan bagi hasil mudharabah dan musyarakah berpengaruh signifikan terhadap laba operasional pada PT. Bank Mega Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah; Musyarakah; Laba Operasional
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizky Annisa Netriza
Date Deposited: 18 Jul 2018 08:03
Last Modified: 18 Jul 2018 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item