Pengembangan Masyarakat Melalui Program Ecovillage Dalam Pelestaraian Lingkungan hidup : Studi Deskriptif di Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Wafiroh, Siti Fatimatul (2018) Pengembangan Masyarakat Melalui Program Ecovillage Dalam Pelestaraian Lingkungan hidup : Studi Deskriptif di Desa Langensari Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai makhluk mulia yang diberikan amanah oleh Allah SWT sebagai Khalifah di muka bumi. Salah satu tugas manusia ialah melestarikan lingkungan dan menjaga pelanet bumi tempat dimana manusia berpijak. Dahulu, masyarakat sangat arif dan bijaksana dalam melestarikan lingkungan, Namun seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat dari tradisional ke modern menjadikan perubahan yang signifikan terhadap rendahnya kepedulian masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis realitas mengenai kondisi lingkungan hidup, sosial, dan budaya di Desa Langensari, program ecovillage dalam pelestarian lingkungan hidup, dan hasil dari program ecovillage dalam pelestarian lingkungan hidup di Desa Langensari. Pengembangan masyarakat merupakan kegiatan dalam mengembangkan suatu kondisi masyarakat. Secara aktif dengan berlandaskan prinsip keadilan sosial, saling menghargai agar terwujudnya suatu pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. Serta dapat mencerminkan sikap swadaya,partisipasi, memperkokoh interaksi sosial untuk menciptakan semangat solideritas diantara anggota masyarakat. (Zubaedi,2013:8). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan studi dokumen. Adapun analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil Penelitian menunjukan bahwa; Pertama, kondisi lingkungan hidup,sosial dan budaya di Desa Langensari mengalami perkembagan yang signifikan. Setelah diadakanya otonomi wilayah dari Desa Cibodas. Kedua, program ecovillage di Desa Langensari hadir dengan mengunakan pendekatan feksibel. Dengan memposisikan masyarakat sebagai subjek pembangunan berkelanjutan. Serta secara partisipatif mengajak masyarakat untuk sama-sama menganlisis permasalahan lingkungan yang terjadi di sekitar masyarakat. ketiga, hasil dari program ecovillage yakni adanya pengelolaan sampah,konservasi lahan, peresapan air, dan tempat pertemuan warga. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa pengembangan masyarakat melalui program ecovillage dalam pelestarian lingkungan hidup sudah tepat. Dengan adanya program ecovillage menjadikan masyarakat berswadaya dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat;Ecovillage;lingkungan hidup
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Fatimatul Wafiroh
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:54
Last Modified: 06 Jun 2018 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item