Penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Pembaruan Islam : penelitian quasi eksperimen pada kelas XI MIPA SMA Karya Budi Cileunyi Bandung

Kailani, Rizal (2018) Penerapan metode Team Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Pembaruan Islam : penelitian quasi eksperimen pada kelas XI MIPA SMA Karya Budi Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang menunjukkan kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran PAI khususnya pada aspek SKI. Kondisi pembelajaran yang tidak kondusif, menyebabkan rendahnya Pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang,pemahaman siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional serta pengaruh metode pembelajaran TGT dengan Media Teka-Teki Silang terhadap pemahaman siswa di kelas XI MIPA SMA Karya Budi Cileunyi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Experiment. Metode pembelajaran TGT dengan Media Teka-Teki Silang merupakan metode pembelajaran yang dilakukan berkelompok 4-5 siswa secara heterogen dengan menggunakan media Teka-Teki Silang untuk memudahkan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dengan Media Teka-Teki Silang pada kelas eksperimen diinterpretasikan tinggi sebesar 0,77. Sementara itu hasil pemahaman siswa pada kelas kontrol diinterpretasikan sedang yaitu sebesar 0,66. Adapun pengaruh hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,77, angka tersebut termasuk pada kategori tinggi yang berarti pengaruh metode pembelajaran TGT dengan Media Teka-Teki Silang terhadap pemahaman siswa memiliki pengaruh yang tinggi. ABSTRACT This observation against the background of the problems of unconfident from students comprehension to the islamic religion learning, particularly islamic cultural history aspects. The condition of learning that is not condusive, will cause to low the student comprehensions. The purpose of this resarch is to know the student comprehension that used Team Games Tournament (TGT) learning method with the crossword puzzle media, the reality of student comprehension that used conventional learning method and the influence of TGT learning method with the crossword puzzle media to the student comprehension of XI Mathematics Sains Karya Budi senior high school. The method of this research is the Quasi Eksperimen method. The learning method of TGT with crossword puzzle media is the learning method which is done in the groups. 4 – 5 students heteregeneously that used the crossword puzzle media to make the learning process easily. Based on the result of the reaserch can be known that the comprehension student that used TGT with crossword puzzle media the high interpretation. It is obtained amount 0,77. Meanwhile the result of student comprehension to control class amount 0,66 and in the middle of interpretations. The influence that based on N-Gain Calculation amount 0,77. The calculation is in high categorized it means that inflence TGT with crossword puzzle media have high influence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament; Media Teka-Teki Silang; Pemahaman Siswa; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Kailani
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:00
Last Modified: 09 Jul 2019 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item