Sistem pelayanan Masjid Raya Al Jabbar sebagai destinasi wisata religi dan pusat kegiatan keagamaan: Studi deskriptif di Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jawa Barat

Dewi, Riska Ratna (2024) Sistem pelayanan Masjid Raya Al Jabbar sebagai destinasi wisata religi dan pusat kegiatan keagamaan: Studi deskriptif di Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan asumsi dari sebuah model Manajemen Pelayanan merupakan kegiatan yang diteruskan oleh organisasi atau perseorangan kepada konsumen yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki, konsumen yaitu masyarakat yang mendapat manfaat dan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi yang memberikan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Adapun teknik yang dilakukan penulis yaitu dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam suatu Masjid atau organisasi memerlukan sistem pelayanan yang memadai, melalui pelayanan yang baik pada jamaah akan memberikan keberhasilan sesuai dengan target yang diinginkan. Wakil Masjid Raya Al Jabbar kebijakan tentang standar pelayanan yang mampu memaksimalkan pelayanan yang ada, standar pelayanan publik ini didesain untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada publik sehingga masyarakat dimudahkan menjangkau pelayanan dasar yang mengarah kepada kesejahteraan masyarakat. Masjid Raya Al Jabbar memiliki perencanaan terhadap permasalahan yang terjadi atau yang akan terjadi. Pihak Masjid Raya Al Jabbar mendapatkan informasi dari berbagai pihak. Beberapa permasalahan terkait fasilitas yang disediakan saat ini. Hambatan dari biaya yang kurang memadai sehingga masih banyak fasilitas Masjid yang belum tersedia di Masjid Raya Al Jabbar, kepuasan Masjid Raya Al Jabbar sangat berperan penting dalam meningkatkan tingkat pelayanan yang diberikan. Kepuasan jamaah terhadap Masjid Raya Al Jabbar. ENGLISH: The research method used in this research is a descriptive method using a qualitative approach which aims to systematically describe the facts or characteristics of a particular population or a particular field factually and carefully. The technique used by the author is collecting data through observation, interviews and documentation. The results of the research conducted show that a mosque or organization requires an adequate service system, through which good service to the congregation will provide success in accordance with the desired targets. Good service will make the congregation feel safe and comfortable so that it can increase the reputation of the mosque and the level of satisfaction of the congregation who come will increase not only for traveling but carrying out other religious activities. Service Period, a policy on service standards that can maximize existing services, this public service standard is designed to provide the widest possible access to information to the public so that the public is facilitated in reaching basic services that lead to community welfare. The Al Jabbar Grand Mosque has a plan for problems that occur or will occur. The Al Jabbar Grand Mosque receives information from various parties, such as information from the Mosque security, from the local community or worshipers who visit the Mosque and then report to the information section and will be followed up by waiting for further direction from superiors. Several problems related to the facilities currently provided. Obstacles from inadequate costs so that there are still many Mosque facilities that are not yet available at the Al Jabbar Grand Mosque, the satisfaction of the Al Jabbar Grand Mosque plays a very important role in improving the level of service provided. Congregation satisfaction with the Al Jabbar Grand Mosque.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem; Pelayanan; Masjid; Wisata Religi; Kegiatan Keagamaan
Subjects: Islam > Mosques
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Riska Ratna Dewi
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:04
Last Modified: 08 Nov 2024 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101253

Actions (login required)

View Item View Item