Pengaruh Primary Ratio dan Quick Ratio terhadap Gross Profit Margin pada PT Bank Negara Indonesia Syariah periode 2014-2016

Nurhayati, Pipih (2018) Pengaruh Primary Ratio dan Quick Ratio terhadap Gross Profit Margin pada PT Bank Negara Indonesia Syariah periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
pipih.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6._ABSTRAK_pipih[1].pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9._DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_I[1].pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB_II[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BABA II)
BAB_III[1].pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB_V-1[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka wat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Primary Ratio (PR) merupakan salah satu alat ukur dari rasio solvabiltas dimana rasiop ini merupakan suatu alat untuk menunjukan kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi segala kewajibannya atau bisa disebut juga modal. Quick Ratio (QR) merupakann rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam memenuhi kewajibannya terhadap para deposan (pemilik simpanan giro, tabungan, dan deposito) dengan harta yang paling likuid yang dimiliki oleh bank. Quick Ratio (QR) juga sering disebut dengan Acid Test Ratio yaitu perbandingan antara aktiva lancar dikurangi persediaan dengan utang lancar. Rasio ini merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memmenuhi kewajibannya dengan tidak memperhitungkan persediaan, karena menganggap persediaan memerlukan waktu lama untuk direalisir menjadi kas. Sedangkan Gross Profit Margin (GPM) presentase laba dari kegiatan usaha bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Primary Ratio (PR) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara parsial, untuk mengetahui Quick Ratio (QR) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara parsial serta untuk mengetahui pengaruh Primary Ratio (PR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Gross Profit Margin (GPM) secara simultan pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik olah data menggunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis regresi korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dengan analisis secara simultan yaitu dengan analisis regresi regresi berganda, korelasi berganda, dan uji F. Analisis pada penelitian ini di dukung dengan menggunakan aplikasi SPSS For Window Versi 24. Data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Bank Negara Indonesia Syariah periode 2014-2016. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung sebesar -3,259 maka thitung < ttabel (-3,259 < 2, 228) artinya secara parsial tidak berpengaruh signifikan Primary Ratio (PR) terhadap Gross Profit Margin (GPM). Quick Ratio (QR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM) hal ini dibuktikan denngan thitung sebesar 1,980 maka thitung < ttabel (1,980 < 2,228). Secara simultan dengan hasil uji signifikasi atau uji F diperoleh bilai Fhitung sebesar 5,894dengan mengambil tingkat signifikasi a =5% atau 0,05, maka nilai Ftabel yaitu sebesar (5,894 > 4,26) artinya terdapat pengaruh signifikan Prinary Ratio (PR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Gross Profit Margin (GPM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prinary Ratio; Quick Ratio; Gross Profit Margin
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:42
Last Modified: 18 Feb 2019 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item