Saraswati, Shita (2024) Pengembangan LKPD elektronik berbasis double loop problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi momentum dan impuls. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Pembelajaran fisika di tingkat SMA seringkali masih terpusat pada guru,sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Penggunaan LKPD cetak yang konvensional juga dinilai kurang efektif dalammeningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, terutama pada materi seperti momentum dan impuls. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Diharapkan LKPD elektronik ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam memahami konsep momentum dan impuls. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan mix method dengan metode Research and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI IPA. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls dengan koefisien validitas 1, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan efektif dengan persentase 80% (3) Penggunaan menggunakan LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,64. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti kita dapat menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci : LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving, Keterampilan Bepikir Kritis, Momentum dan Impuls.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Elektronik berbasis Double Loop Problem Solving; Keterampilan Bepikir Kritis; Momentum dan Impuls |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SHITA SARASWATI I |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:44 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101518 |
Actions (login required)
View Item |