Pengaruh dukungan keluarga dan Academic Self Efficacy terhadap motivasi belajar siswa

Muthi, Ghina Fauziyyah (2024) Pengaruh dukungan keluarga dan Academic Self Efficacy terhadap motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan mengenai penurunan motivasi di kalangan siswa menjadi tantangan yang signifikan dalam sistem pendidikan yang memerlukan perhatian dan analisis mendalam, salah satunya ditemukan pada siswa SMAN 17 Bandung khususnya kelas X. Sehingga tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi pengaruh dukungan keluarga dan academic self�efficacy terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X di SMAN 17 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif dengan pendekatan kausalitas dengan responden sebanyak 172 siswa di SMAN 17 Bandung yang didapatkan dengan convinience sampling. Hasil dari penelitian ini mendapatkan nilai F = 35.630 dengan nilai signifikansi (p) < 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara variabel dukungan keluarga dan academic self efficacy terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 17 Bandung dengan kontribusi sebesar 29.7%. setelah dilakukan analisis lebih mendalam dengan pengujian secara parsial, academic self efficacy memberikan kontribusi yang lebih besar dan signifikan terhadap motivasi belajar, sedangkan untuk dukungan keluarga hanya sedikit kontribusinya sehingga tidak berpengaruh secara signifikan. Implikasi penelitian ini membuktikan bahwa pentingnya academic self efficacy yang kuat agar siswa memiliki motivasi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; dukungan keluarga; academic self efficacy; siswa SMA
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ghina F
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:43
Last Modified: 15 Nov 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101526

Actions (login required)

View Item View Item