Sanovayuga, Alfida (2024) Penerapan model pembelajaran pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) berbantuan media app Inventor 2 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTRA ISI)
3_Daftar isi (1).pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 (4).pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (3).pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) berbantuan media berbasis APP Inventor 2 dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media berbasis APP Inventor 2 pada materi energi terbarukan. Metode yang digunakan yakni metode quasi experiment dengan desain Matching Pretest-Posttest Comparison Grup Design. Kelas X di salah satu SMAN Kab.Garut sebagai populasi penelitian dengan sampel X-1 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 30 peserta didik dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 32 peserta didik dipilih dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen I sebesar 90 dengan kategori sangat efektif dan keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen II sebesar 88 dengan kategori sangat efektif. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen I sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan kelas eksperimen II sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji t menjunjukan bahwa 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model PDEODE berbantuan media berbasis APP Inventor 2 pada kelas eksperimen I dan model PBL berbantuan media berbasis APP Inventor 2 pada kelas eksperimen II pada materi energi terbarukan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Model PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain); Model Problem Based Learning (PBL); Energi Terbarukan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Alfida Sanovayuga |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 06:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101584 |
Actions (login required)
View Item |