Pola Pengawasan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai: Studi Deskriptif Pada Kementerian Agama Kota Sukabumi

Ramadhini, Syalsabila (2018) Pola Pengawasan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai: Studi Deskriptif Pada Kementerian Agama Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

SYALSABILA RAMADHINI : Pola Pengawasan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Deskriptif pada Kementerian Agama Kota Sukabumi). Haji merupakan sebuah ritual ibadah istimewa yang tidak semua orang berkesempatan untuk melakukannya. Pelaksanaan ibadah haji di Indonesia secara nasional menjadi wewenang kementerian agama. Dalam kewenangan tersebut juga terkandung tanggung jawab yang besar karena dalam pelaksanaan ibadah haji diperlukan pelayanan yang baik dan prima oleh para pegawai terhadap para calon jamaah. Adapun hal yang melatarbelakangi dari penulisan skripsi ini, bahwa pengawasan ini merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan setiap program kerja yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kementerian Agama Kota Sukabumi terhadap kinerja pegawai di dalam pelaksanaan program kerja dan bagaimana tindakan-tindakan yang dilakukan oleh kepala seksi dalam meningkatkan kinerja pegawainya. Pengendalian dapat didefinisikan sebagai proses penentuan, apa yang harus dicapai yaitu standar, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan, dan apabila perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana yaitu selaras dengan standar (Hasibuan, 2011:242) Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Manajemen Dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, standar pengawasan yang ditetapkan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah; Kedua, tindakan evaluasi yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam meningkatkan kinrja pegawai; Ketiga, tindakan perbaikan (corrective) yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah dalam meningkatkan kinerja pegawai. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini sudah tepat, dengan adanya proses evaluasi dan tindakan perbaikan sehingga program kerja yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan efektif dan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan;Kepala Seksi;Kinerja Pegawai
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Syalsabila Ramadhini Eli Rohdiana
Date Deposited: 06 Jun 2018 02:24
Last Modified: 06 Jun 2018 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10161

Actions (login required)

View Item View Item