Hubungan aktivitas Cooking Class dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini: Penelitian pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat

Namira, Neng Dinda (2024) Hubungan aktivitas Cooking Class dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini: Penelitian pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yaitu perkembangan sosial emosional anak yang terjadi kurang optimal pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat. Hal tersebut dapat terlihat dari anak yang belum bisa mengontrol emosinya, tidak dapat bekerja sama dengan kelompok, dan anak yang belum bisa memberikan apresiasi kepada hasil karya teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas pembelajaran dengan menggunakan metode cooking class pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat, (2) Perkembangan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat, (3) Hubungan antara aktivitas cooking class dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat. Penelitian ini didasari pada pemikiran para ahli bahwa perkembangan sosial emosional pada anak usia dini akan menjadi pondasi bagi anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, peduli kepada orang lain, dan produktif. Salah satu cara menstimulus perkembangan sosial emosional anak dengan melalui metode pembelajaran yang aktif dan efektif di sekolah untuk dapat menarik minat anak bermain dan belajar. Salah satu metode dan strategi pembelajarannya adalah menggunakan aktivitas cooking class. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena pada penelitiannya berupa angka dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat yang terdiri dari 16 responden. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis parsial, analisis normalitas dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas cooking class berada pada kategori baik karena memperoleh nilai rata-rata 72,5 berada pada kelas interval 70-79. Begitupun dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini berada pada kategori baik karena meperoleh nilai rata-rata sebesar 75,5 berada pada kelas interval 70-79. Adapun kontribusi yang diberikan aktivitas cooking class terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini berdasarkan hasil analisis data setelah dilakukan uji signifikasi 5% diperoleh harga t_(hitung ) > t_(abel ) (6,009 > 2,145). Jadi, dapat diinterprestasikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas cooking class dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B di RA Al-Furqon Saar Cililin Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooking Class; Perkembangan Sosial Emosional; Anak Usia Dini
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Social Process > Social Control
Social Process > Social Norms
Social Process > Social Change
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Neng Dinda Namira
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:52
Last Modified: 28 Nov 2024 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101772

Actions (login required)

View Item View Item