Pelaksanaan Potongan Pelunasan Pembiayaan Murabahah Sebelum Jatuh Tempo di Bank Syariah Mandri KCP Metro Margahayu Bandung

Parhunisa, Resa (2018) Pelaksanaan Potongan Pelunasan Pembiayaan Murabahah Sebelum Jatuh Tempo di Bank Syariah Mandri KCP Metro Margahayu Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
2_KATA PENGANTAR.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Resa Parhunisa: Pelaksanaan Potongan Pelunasan Pembiayaan Murabahah Sebelum Jatuh Tempo di Bank Syariah Mandiri KCP Metro Margahayu Bandung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nasabah yang melakukan pelunasan pembiayaan murabahah sebelum jatuh tempo di Bank Syariah Mandiri Kcp Metro Margahayu Bandung yang apabila nasabah akan melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo maka pihak bank akan memberikan potongan margin. Besar potongan margin yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah berbeda dengan ketentuan yang telah dibuat oleh standar prosedur bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pemberian potongan kewajiban dalam pelunasan pembiayaan murabahah sebelum jatuh tempo di Bank Syariah Mandiri KCP Metro Margahayu Bandung. (2) Relevansi antara pelaksanaan potongan pelunasan pada pembiayaan murabahah dalam pelunasan sebelum jatuh tempo di Bank Syariah Mandiri KCP Metro Margahayu Bandung dengan fatwa DSN MUI Nomor.23/DSN-MUI/III/2002 Kerangka pemikiran ini didasari dengan akad murabahah yaitu akad jual beli dimana harga jual adalah harga pokok ditambah keuntungan atau margin yang disepakati. Sedangkan mengenai potongan pelunasan pembiayaan murabahah sebelum jatuh tempo diatur dalam fatwa No.23/DSN-MUI/III/2002 mengenai potongan pelunasan dalam murabahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analis, yaitu memberikan gambaran mengenai pelaksanaan potongan margin dalam pelunasan sebelum jatuh tempo dan menjelaskan ketentuan yang seharusnya terjadi menurut fatwa dewan syariah nasional. Kemudian menganalisisnya untuk mendapatkan kesimpulan. Data primer yang didapatkan adalah hasilwawancaradenganpihak BSM, SPB, sedangkan dengan data sekunder diperoleh dari sumber referensi berupa buku-buku dan referensi yang relevan dengan kegiatan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pemberian potongan kewajiban dalam pelunasan pembiayaan murabahah sebelum jatuh tempo di Bank syariah mandiri Kcp Metro Margahayu Bandung yaitu nasabah mengajukan surat permohonan berupa surat pernyataan dibawah tangan dan ditandatangani oleh nasabah bahwa nasabah tersebut ingin melakukan pelunasan dipercepat dan mencantumkan alasannya. Lalu nasabah tersebut diberi potongan margin oleh pihak bank yaitu nasabah hanya membayar seluruh sisa pokok ditambah margin 2 bulan berjalan setelah melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo. (2) Relevansi pelaksanaan potongan pelunasan pembiayaan murabahah dalam pelunasan sebelum jatuh tempo di Bank Syariah Mandiri Kcp Metro Margahayu Bandung dengan Fatwa DSN MUI Nomor.23/DSN-MUI/III/2002 masih ada beberapa ketentuan dalam fatwa ini yang belum sesuai, yaitu bank memperjanjikan potongan pelunasan sebelum tempo pada saat akad dan dalam hal memberikan potongan telah diatur dalam standar prosedur bisnis tetapi pihak bank tidak melakukan sesuai dengan SPB tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Potongan; Akad;
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: RESA eca FARHUNNISA
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:06
Last Modified: 06 Jun 2018 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item